Lyon, Prancis (ANTARA News) - Gol spektakuler yang diciptakan Jean Makoun membuat Olympique Lyon unggul 1-0 atas Real Madrid pada laga (leg) pertama kompetisi 16 besar Liga Champions, Selasa malam.

Klub Spanyol itu mengalami kekalahan pertama dalam laga tandang dalam kompetisi musim ini, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Lyon mengoleksi kemenangan ketiga berurutan pada laga kandang atas Real di Liga Champions setelah pemain tengah asal Kamerun itu melakukan tembakan dari jarak sekitar 25 meter ke arah pojok atas gawang pada menit ke-47, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Real, yang terakhir kali maju ke putaran perempat final pada 2004, mendominasi bola tetapi gagal menciptakan peluang kendati Cristiano Ronaldo sudah berusaha keras di bagian depan.

Klub dari Madrid itu, yang berusaha maju ke final pada Mei di stadion mereka di Bernabeu, akan menjamu Lyon pada laga kedua 10 Maret.

"Lyon secara fisik amat kuat. Mereka berlari ke segala penjuru dan menghalangi kami untuk maju. Kami tidak mampu mencari solusinya," kata pelatih madrid Manuel Pellegrini kepada wartawan.

"Ini merupakan hasil buruk karena kami kemasukan satu gol dan kami tidak mampu membalasnya. Kami harus bekerja keras pada putaran kedua dan saya percaya dan yakin para pemain memiliki rasa percaya diri tinggi," katanya.

Pelatih Lyon Claude Puel mengatakan para pemainnya sedikit lega karena mampu membuat jarak dengan lawan mereka.

"Kami bermain amat bagus malam ini dan berhasil memperagakan permainan tingkat atas baik secara perorangan mau pun sebagai tim," katanya kepada wartawan.

"Saya hanya agak penasaran mengapa kami tidak dapat menciptakan gol kedua setelah turun minum. Kami masih memiliki pekerjaan keras yang harus kami lakukan. Masih ada laga kedua dan hasil paling positif yang diharapkan adalah lolos ke babak berikutnya," katanya.

Tim sembilan kali juara Eropa Real dapat mengantisipasi tekanan lawan pada babak pertama dan tidak mendapat ancaman serius di mulut gawang yang dijaga Hugo Lloris.

Ronaldo mencoba membangun serangan kepada Gonzalo Higuain hingga ke dekat kotak berbahaya lawan dan mengirim bola menggunakan tumit kakinya tetapi pemain bertahan Lyon dengan sigap bereaksi mematikan serangan striker dari Argentina itu.

Sidney Govou punmendekati gawang Lyon lewat dua kali tendangan voli keras dan tuan rumah nyaris membuka angka sebelum interval ketika tendangan panjang Cesar Delgado hanya menerpa tiang gawang.

Makoun membuat tim tuan rumah memimpin beberapa saat setelah turun minum dan Lisandro Lopez nyaris membuat angka menjadi 2-0, tetapi bola yang melayang keras dari kakinya melebar sedikit dari tiang gawang.

Lloris kemudian menjinakkan tendangan lambung Ronaldo serta yang lain dari Higuain yang menembak dari jarak dekat, namun posisi mereka tetap bersih karena bola tidak berhasil menggetarkan jala gawang mereka.(A008/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010