London (ANTARA News/AFP) - RBS Sempra Komoditas, sebagian dimiliki oleh Royal Bank of Scotland (RBS), telah setuju untuk menjual operasinya di Eropa dan Asia kepada bank investasi AS, JP Morgan, senilai 1,7 miliar dolar, bank mengumumkan Selasa.

"The Royal Bank of Scotland Group plc hari ini mengumumkan bahwa RBS Sempra Commoditiess telah setuju untuk menjual lini bisnis logam, minyak dan energi Eropa kepada JP Morgan," RBS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kesepakatan akan melihat JP Morgan mengakuisisi kegiatan ini untuk pertimbangan total uang tunai 1,7 miliar dolar dari saham RBS ... sekitar 47 persen."

JP Morgan telah diharapkan membeli semua RBS Sempra (RBSSC) - kira-kira setengah kepemilikan oleh grup AS Sempra Energy - sampai laporan awal bulan ini dikatakan bank investasi telah mengesampingkan pembelian aset-aset North American.

Perubahan hati dikatakan disebabkan rencana larangan tiba-tiba pada bank perdagangan oleh Presiden AS Barack Obama.

Uni Eropa menyatakan bahwa RBS harus menjual sahamnya di RBS Sempra setelah penyelamatan bank negara di belakang krisis keuangan. RBS adalah 84 persen dimiliki oleh pemerintah Inggris setelah bailout (dana talangan) multi miliar pound.

Direktur Keuangan RBS Group Bruce Van Saun mengatakan "aset yang tersisa di RBSSC, yaitu bisnis North American Power and Gas, tetap bernilai tinggi dan berkinerja baik.

"Bersama dengan mitra usaha patungan (joint-venture), Sempra Energy, kami terus aktif mempertimbangkan berbagai alternatif kepemilikan untuk sisa RBSSC."

"Sementara itu, RBS Sempra Commodities akan terus mendukung klien North American Power and Gas dengan berbagai produk dan jasa serta layanan pelanggan yang luar biasa mereka," Van Saun menambahkan.(A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010