Palembang (ANTARA News) - Sriwijaya FC (SFC) berhasil menang 3-0 tanpa balas menghadapi Persisam Putra Samarinda pada laga lanjutan putaran kedua Liga Super Indonesia 2009-2010, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa sore.

Pada babak pertama, SFC yang didukung penuh para penonton di kandangnya sendiri berhasil membukukan kemenangan 1-0, dalam pertandingan yang cukup menarik dan saling serang di antara kedua kesebelasan itu.

Menit ke-6 pemain Persisam Irsyad Aras diganjal kartu kuning karena menjegal striker SFC Anoure Obiora Richard.

Menit berikutnya, kedua tim bermain sporadis, sehingga banyak membuang peluang gol.

Akhirnya, gol pembuka berhasil diciptakan tuan rumah Sriwijaya FC, memanfaatkan hadiah tendangan bebas yang diberikan wasit karena Obiora dijatuhkan di areal kotak penalti oleh Tsimi J Joel di menit 18.

Satu menit kemudian, Keith Kayamba Gumbs yang dipercaya mengeksekusi bola, berhasil melepaskan tendangan tepat dibawah mistar gawang dan tidak mampu dijangkau oleh kiper Persisam Wawan Hendrawan.

Kedudukan 1-0 untuk SFC.

Tertinggal satu gol membuat Persisam bersemangat menyamakan kedudukan, melalui Choi Doong Soo di menit 25.

Beruntung penyelamatan Precious yang sigap menendang bola, karena gawang telah ditinggalkan Ferry Rotinsulu, tetap membuat gawang SFC aman.

Menit 29, peluang pertama dari striker Persisam Ronald Fagundez, namum bola masih melebar dari sisi kiri gawang.

Menit 33, giliran striker SFC Rahmat Rivai mencoba mengancam gawang Pesisam, namun pergerakannya masih dijegal oleh Tsimi.

Menjelang akhir babak kedua Precious diganjar kartu kuning karena mengangkat kaki terlalu tinggi saat beradu duel dengan Choi Doong Soo.

Meskipun terjadi penambahan waktu dua menit, kedudukan 1-0 untuk SFC ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak pertama ini, pelatih SFC Rahmad Darmawan menurunkan, penjaga gawang Ferry Rotinsulu, pemain belakang yakni, Bobby Satria, Precious Emuerejaye, Cristian Warobay, Isnan Ali.

Empat pemain belakang, Arief Suyono, Ponaryo Astaman, Alamsyah Nasution, pemain depan yakni Rahmat Rivai, Anoure Obiora dan Keith Kayamba Gumbs (kapten).

Sementara, pelatih Persisam Putra Samarinda AJi Santoso menurunkan, penjaga gawang, Wawan Hendrawan, pemain belakang yakni Usep Munandar, Tsimi Joel (kapten), Sonny Kurniawan, Syaiful.

Kemudian, empat pemain tengah, Fandi Muchtarm Akbar Rasyid, Ronald Fagundez, Irsyad Arsad, dan dua pemain depan Choi Doong Soo dan Zaenal Arif.

Pada babak kedua, permainan semakin menarik, namun SFC terus mendominasi sehingga berhasil menambah dua gol, masing-masing dari Keith Kayamba Gumbs, dan gol ketiga berupa hadiah tendangan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Rahmat Rivai (Poci).

Kendati pemain Persisam berusaha memperkecil kekalahan, namun hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap 3-0 untuk SFC.

(T.B014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010