Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, sebagian wilayah Indonesia berpeluang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat selama 16 - 18 Februari 2010.

Kondisi cuaca tersebut berpeluang terjadi di sebagian wilayah Indonesia, demikian laporan dari BMKG, Selasa.

Menurut BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami kondisi cuaca tersebut yakni pesisir barat Sumatra, Sumatra bagian utara dan selatan, Kalimantan bagian barat dan selatan, Jawa bagian barat dan pesisir selatan Jawa.

Kemudian, Jabodetabek, Sulawesi bagian tengah dan tenggara, Maluku tengah, serta Papua bagian tengah dan selatan.

Prakiraan BMKG itu berdasarkan beberapa pantauan, seperti terdapat daerah tekanan rendah di Australia utara dan Samudra Hindia sebelah barat daya Sumatra sehingga membentuk daerah pumpunan/pertemuan angin memanjang dari Kalimatan bagian barat hingga pesisir barat Lampung dan dari Selat Makassar hingga Laut Arafuru.

Kemudian, kondisi suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia masih hangat sehingga mendukung suplai uap air bagi proses pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi pada siang hari di beberapa wilayah mendukung pertumbuhan awan hujan seperti awan Cumulonimbus.

Awan-awan tersebut berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat.(T013/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010