Aldermaston (ANTARA News/Reuters) - Lebih dari 20 pengunjuk rasa ditangkap Senin setelah ratusan demonstran berusaha untuk memblokir sebuah perusahaan senjata nuklir, kata polisi.

Sekitar 400 demonstran berkumpul sesaat sebelum pukul 7 waktu setempat di jalan masuk ke Perusahaan Senjata Atom (AWE) di Aldermaston, sekitar 50 mil di barat London, dalam upaya untuk menghentikan pekerjaan di tempat itu.

Para demonstran duduk dan beberapa merapatkan diri mereka bersama-sama sebagai bagian dari protes terhadap program senjata nuklir yang berpangkalan di kapal selam Trident, dan untuk meminta diakhirinya rencana untuk menempatkan sistem tersebut.

Pemerintah mengatakan tahun lalu, mereka akan menangguhkan keputusan untuk mengganti Trident hingga akhir tahun ini.

Di antara mereka yang menghadiri demonstrasi itu adalah uskup Katholik dan Anglikan dan penerima hadiah Nobel Perdamaian Mairead Maguire dan Jody Williams, kata penyelenggara demo Trident Ploughshares.

"Pada waktu krisis ekonomi, adalah skandal bahwa miliaran pound dihabiskan untuk fasilitas baru di Aldermaston," ujar Kate Hudson, ketua Kampanye untuk Perlucutan Senjata Nuklir yang mendukung demonstrasi itu.

Polisi Lembah Thames menyatakan 26 orang telah ditangkap, sebagian besar karena merintangi jalan raya.

"Sebagian besar pemrotes damai dan kami ingin menyampaikan terima kasih kami pada mereka karena kerjasama mereka dan pertimbangan sepanjang hari ini.

"Bagaimanapun sejumlah kecil (demonstran) tampaknya bermaksud menimbulkan masalah."

AWE, yang menyediakan dan memelihara hulu ledak Trident, menyatakan tempat itu beroperasi seperti biasa meskipun ada protes. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010