London (ANTARA News/AFP) - Euro jatuh terhadap dolar pada Kamis waktu setempat, karena pedagang mengeluh atas kurangnya rincian dalam janji Uni Eropa untuk medukung Yunani yang dilanda utang, kata para dealer.

Euro berpindah tangan pada 1,3644 dolar pada akhir perdagangan di London dibandingkan dengan 1,3732 dolardi New York pada akhir Rabu.

Dolar jatuh menjadi 89,83 yen dari 89,92 yen pada akhir Rabu.

Euro telah meningkat di awal hari karena pemimpin Uni Eropa bertemu untuk membahas defisit dan utang Yunani, tetapi mata uang tunggal Eropa jatuh lagi setelah KTT di Brussel menghentikan menjanjikan injeksi uang tunai langsung ke Athena.

"Negara-negara anggota kawasan Euro akan mengambil tindakan terkoordinasi dan menentukan jika diperlukan untuk menjaga stabilitas keuangan di kawasan euro secara keseluruhan," kata 27 kepala negara dan pemerintah Uni Eropa dalam teks yang telah disepakati.

Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy, pimpinan pertemuan puncak pertama, menekankan bahwa posisibya didukung oleh semua negara Uni Eropa, menyerukan Yunani untuk melakukan "apa pun yang perlu, termasuk langkah-langkah tambahan" untuk memenuhi target yang disepakati dengan Komisi Eropa tentang kebijakan anggaran negara-negara Uni Eropa.

Di bawah perjanjian, Yunani akan mengurangi defisit publik tahun ini empat persen dari 12,7 persen saat ini, yang lebih dari empat kali batas yang ditetapkan oleh Brussels.

"Tampaknya sekarang Uni Eropa telah membuat keputusan untuk membantu Yunani -- tetapi hanya apa bantuan yang disyaratkan masih merupakan misteri," kata analis James Hughes dari perusahaan keuangan CMC Markets.

Dia menambahkan: "Kebingungan atas talangan adalah pedagang meninggalkan sedikit kegugupan."

Pedagang mungkin harus menunggu sampai Senin, ketika menteri keuangan zona euro berkumpul di Brussels, untuk mempelajari rincian tepat bagaimana Uni Eropa akan membantu menopang keuangan publik Yunani.

Sementara pasar kecewa pada kurangnya rincian pada Kamis, sebuah bailout dapat juga memiliki efek negatif, kata para analis.

"Ada terlalu banyak kesulitan yang dihubungkan dengan bailout dan ini muncul bahwa negara-negara lain juga mengalami kesulitan. Oleh karena itu, akan banyak bergantung pada bagaimana paket bantuan terstruktur," analis Commerzbank menulis.

Ide dukungan keuangan dari Jerman bisa "merusak kredibilitas" dari kesatuan moneter Eropa memberikan berapa banyak Bank Sentral Eropa (ECB) "telah ditekankan pada masa lalu perlunya kehati-hatian fiskal," kata Derek Halpenny dari Bank of Tokyo-Mitsubishi.

"Selama jangka menengah, sulit untuk melihat bagaimana urusan ini adalah sesuatu tetapi negatif bagi euro," katanya.

Yunani, salah satu dari 16 negara yang menggunakan mata uang tunggal euro, telah di bawah meningkatnya tekanan dari pasar keuangan karena ukuran defisit yang membengkak oleh krisis ekonomi global.

Dalam beberapa pekan terakhir, euro telah digoyang dengan memuncaknya kekhawatiran tentang keuangan publik di zona euro - terutama di anggota Portugal, Irlandia, Italia, Yunani dan Spanyol.

Jumat lalu, mata uang tunggal telah jatuh ke 1,3586 dolar - yang tingkat terendah sejak 20 Mei 2009.

Di London pada Kamis, euro berpindah tangan pada 1,3644 dolar terhadap 1,3732 dolar akhir Rabu, pada 122,56 yen (123,51), 0,8703 pound (0,8810) dan 1,4658 franc Swiss (1,4664).

Dolar berdiri di 89,83 yen (89,92) dan 1,0743 franc Swiss (1,0671). Pound berada pada 1,5677 dolar (1,5588). (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010