London (ANTARA News/AFP) - Euro jatuh terhadap dolar AS pada Rabu waktu setempat, karena pedagang menunggu untuk melihat apakah Uni Eropa (UE) akan melakukan penyelamatan atas tanggungan utang Yunani.

Pada akhir perdagangan London, euro turun menjadi 1,3723 dolar dari 1,3791 dolar di New York pada akhir Selasa.

Dolar naik ke 89,94 yen dari 89,63 yen pada akhir Selasa.

Semua mata tertuju pada Yunani dan apakah Uni Eropa akan datang untuk membantu anggota zona euro.

"Tanpa ada berita positif dari Yunani, euro akan berpindah lebih rendah," kata John McCarthy, manajer perdagangan mata uang di ING Capital Markets.

Laporan pers Rabu mengatakan perekonomian terbesar di Eropa Jerman mencari untuk mendorong "firewall" (dinding pelindung api) Uni Eropa untuk mengendalikan krisis utang Yunani, kemungkinan dengan menjamin pinjaman untuk menenangkan kekhawatiran sebuah standar pemerintah.

"Rencananya akan dilakukan dalam kerangka Uni Eropa, tetapi dipimpin oleh Jerman," Wall Street Journal Eropa melaporkan, mengutip sumber yang akrab dengan persoalan.

"Jerman telah menyimpulkan bahwa jaminan mungkin cara yang paling efisien untuk mencegah penyebaran krisis utang," tambah sumber.

Financial Times mengutip seorang pejabat Jerman yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa kelas berat Berlin telah memutuskan untuk "mengambil langkah yang signifikan".

Seorang pejabat dari partai konservatif Kanselir Jerman Angela Merkel menunjukkan bahwa persiapan sedang berlangsung di Berlin untuk rencana dukungan.

Analis devisa Jane Foley mengatakan "pasar ingin mendengar detail pada apakah atau apa yang Jerman tawarkan dalam dukungan terhadap Yunani".

"Beberapa jenis wortel/tongkat rencana dukungan kemungkinan diletakkan di tempat untuk Yunani," tambah Foley yang bekerja untuk perusahaan perdagangan online Forex.com.

Krisis utang Yunani di tengah-tengah pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa di Brussels pada Kamis.

Jelang pertemuan itu, menteri keuangan dari mata uang tunggal Eropa mengadakan pembicaraan telepon di Yunani pada Rabu dengan Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet, kata seorang juru bicara Komisi Eropa.

Sejauh ini "tidak ada kesepakatan" pada sebuah rencana untuk membantu Yunani, yang sedang menderita defisit anggaran besar, meningkatnya kekhawatiran bahwa Athena akan menemukan pinjaman semakin sulit, kata seorang diplomat Uni Eropa di Brussels.

Bank Sentral Eropa akan menyelenggarakan pertemuan luar biasa pada Rabu kemudian.

Dalam beberapa pekan terakhir, euro telah dipalu oleh kekhawatiran bahwa utang negara-negara Eropa, termasuk juga Spanyol dan Portugal, mungkin tidak dapat mengembalikan stabilitas keuangan publik mereka, setelah menghabiskan berat untuk memerangi resesi.

Pekan lalu, mata uang tunggal Eropa menghantam yang hampir sembilan bulan rendah di bawah 1,36 dolar.

Di London pada Rabu, euro berpindah tangan pada 1,3723 dolar terhadap 1,3791 dolar akhir Selasa, pada 123,43 yen (123,66), 0,8793 pound (0,8776) dan 1,4655 franc Swiss (1,4679).

Dolar berdiri di 89,94 yen (89,63) dan 1,0680 franc Swiss (1,0639). Pound berada pada 1,5605 dolar (1,5713).

Di London Bullion Market, harga emas turun menjadi 1.069,50 dolar per ons, 1.071,25 dolar ons dari akhir pada Selasa. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010