Padang (ANTARA News) - Kedutaan Iran yang diwakili Kuasa Dubes Iran di Indonesia, Mahmoud Mozaffari menyerahkan bantuan dari organisasi sosial Iran untuk korban gempa Sumatera Barat (Sumbar) senilai 40.000 Euro.

Bantuan Organisasi Sosial Iran itu, diterima langsung Pemerintah Provinsi Sumbar, diwakili Kepala Kesbangpol Linmas, Sudirman Gani, di Gubernuran, Jumat.

Bantuan yang diberikan organisasai sosial Iran, diperuntukannya pada tiga daerah, meliputi Kota Padang, Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Kesbangpol Linmas, Sumbar, Sudirman Gani dalam kesempatan tersebut menyampaikan, perlu terus meningkatkan kerjasama lebih luas lagi, terutama dalam pembangunan kembali daerah Provinsi Sumbar pasca bencana 30 September 2009 lalu.

"Kita menyambut baik keinginan pemerintah Iran, akan terus mendukung masa rehabilitasi dan rekontruksi daerah terkena bencana di Sumbar," tambahnya.

Jadi, Pemprov Sumbar dan masyarakat daerah ini menyampaikan rasa penghargaan yang tinggi serta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Iran yang telah ikut peduli terhadap bencana yang menimpa.

Mudah-mudah ini, katanya, akan membawa rahmat yang lebih baik lagi antara kedua negara di masa-masa mendatang.

Kuasa Dubes Iran, Mahmoud Mozaffari dalam kesempatan itu, menyebutkan ini merupakan batuan kedua setelah bantuan pemerintah Iran pada saat tanggap darurat bencana lalu.

Kendati bantuan kali ini, berasal dari kelompok organisasi sosial Iran yang ikut prihatin dan peduli atas musibah gempa melanda Sumbar.

"Kita berharap kerjasama sama yang selama ini cukup baik dalam persaudaraan yang kuat hendaknya dapat lebih ditingkatkan di masa-masa mendatang, terutama dengan pemerintah Sumbar dalam berbagai hal, termasuk pembangunan daerah bencana ini," katanya.

Walapun bantuan yang disalurkan kali ini tidak banyak, tambahnya, mudah-mudah bantuan ini dapat sedikit meringankan penderitaan rakyat di daerah ini.

Kesempatan itu, kuasa Dubes Iran ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat dan kenyataan yang sesungguhnya di lapangan.

Upaya itu, katanya, bisa menjadi bahan bagi kami (Iran) untuk melihat kemungkinan yang lainnya dapat diberikan pada waktu-waktu berikutnya.

Dalam waktu tidak terlalu lama, Ketua Organisasi Sosial Iran juga berencana akan mengunjungi Sumbar.

Kunjungan Kuasa Dubes Iran, Mahmoud Mozaffari ke Sumbar berlangsung selama dua hari, rencananya akan mengunjungi dan meninjau beberapa tempat, di antaranya sarana pendidikan, Panti Asuhan dan Rumah Ibadah di Padang, Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.
(T.K-SA/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010