Kandahar, Afghanistan (ANTARA News) - Sebuah bom yang diledakkan melalui pengendali jarak jauh di Afghanistan selatan, Kamis, menewaskan sedikitnya dua orang dan mencederai 26 lainnya, kata seorang pejabat senior kesehatan.

Bom itu diletakkan di sebuah sepeda motor yang diparkir dekat satu lokasi adu anjing di Lashkar Gah, ibu kota provinsi Helmand , dan diledakkan ketika masa berkumpul untuk menyaksikan acara itu, kata deputi komandan polisi provinsi itu.

"Ledakan bom itu menewaskan dan mencederai 20 orang," kata Kamaluddin Khan sebagaimana dikutip AFP.

Dua mayat dan 26 orang yang cedera dibawa ke rumah sakit provinsi itu di kota tersebtu, kata kepala direktorat kesehatan provinsi Helmand , Anayatullah Ghafari.

"Mereka menangani para korban cedera," katanya dan menambahkan sejauh ini rumah sakit menerima 26 korban cedera dan dua meninggal.

Serangan bom terjadi dua tahun setelah lebih dari 80 orang tewas dan puluhan lainnya cedera akibat ledakan bom di Kandahar, yang adalah tetangga Helmand, di salah satu serangan bunuh diri yang paling banyak menimbulkan korban jiwa di Afghanistan.

Adu anjing , adalah satu acara di Afghanistan pada musim dingin, yang dilarang oleh pemerintah Taliban selama memerintah Afghanistan tahun 1996-2001.

Helmand adalah pusat pengaruh Taliban dan segera menjadi lokasi serangan besar-besaran pasukan Afghanistan dan internasional untuk membersihkan gerilyawan dari salah satu pangkalan-pangkalan mereka, selatan Lashkar Gar di distrik Marjah.

Para pejabat senior militer mengatakan operasi itu merupakan yang terbesar di Afghanistan sejak pemberontakan itu dimulai segera setelah rezim Taliban digulingkan oleh invasi pimpinan AS akhir tahun 2001.

Lebih dari 100.000 tentara AS dan NATO berperang menghadapi pemberontak pimpinan Taliban , yang berpusat di Helmand dan Kandahar , dengan 40.000 tentara dikerahkan Agustus.

Sebagian besar pasukan sedang menuju selatan, kata para pejabat, untuk memerangi para gerilyawan untuk mengusir mereka keluar dari daerah-daerah yang banyak penduduknya dan mewujudkan satu lingkungan yang pantas untuk pembangunan dan penciptaan lapangan kerja.

Ketika para pejabat Afghanistan, NATO dan AS lega dengan operasi mendatang itu-- yang diperkirakan akan dilancarkan apabila Presiden Hamid Karzai pulang dari kunjungan ke luar negeri awal pekan depan--aksi-aksi Taliban meningkat.

Pada hari kamis , satu serangan bom mobil di kota Kandahar menewaskan sedikitnya dua orang dan mencederai 17 orang , kata seorang perwira polisi dan seorang dokter.

Serangan-serangan bunuh diri dan bom-bom adalah satu taktik yang rutin dilakukan Taliban.

H-RN/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010