London (ANTARA News/AFP) - Euro turun terhadap dolar pada Rabu waktu setempat, setelah rilis data pengangguran AS yang membesarkan hati dan tetap hidupnya keraguan atas kemampuan Yunani untuk mengatasi utang yang sangat besar, kata para pedagang.

Pada akhir perdagangan London, mata uang tunggal Eropa turun menjadi 1,3915 dolar dari 1,3959 dolar di New York akhir Selasa.

Terhadap unit Jepang, dolar naik menjadi 91,18 yen dari 90,39 yen pada akhir Selasa.

Euro melonjak melewati 1,40 dolar di awal hari, tetapi jatuh setelah survei oleh perusahaan gaji ADP menunjukkan bahwa kehilangan pekerjaan sektor swasta AS menyempit menjadi 22.000 pada Januari, lebih baik daripada perkiraan konsensus 30.000.

Pedagang juga tetap prihatin tentang Yunani setelah Komisi Eropa disetujui anggota zona euro untuk upaya menjinakkan utang, tapi menempatkan Athena di bawah pengawasan ekonomi belum pernah terjadi sebelumnya.

"Komisi mendukung penuh Yunani dalam tugas yang sulit ini," kata Komisaris Urusan Ekonomi dan Moneter Uni Eropa Joaquin Almunia di Brussel.

Namun dia mengatakan "daftar rinci dari langkah-langkah akan dipantau dari hari pertama.

"Setiap kali bahwa beberapa langkah-langkah yang belum diadopsi atau setiap kali kita mengamati slippages (kelicinan) kami akan meminta pihak berwenang Yunani untuk mengadopsi langkah-langkah tambahan," ia menambahkan.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou akhir Selasa memerintahkan pembekuan gaji publik, usia pensiun yang lebih tinggi dan kenaikan harga bensin dalam sebuah tawaran putus asa mengendalikan defisit dan utang publik besar menjelang vonis Uni Eropa.

"Desakan untuk langkah-langkah penghematan ini adalah satu hal, tapi ujian yang sebenarnya datang dalam pelaksanaan, dan yang bisa menjadi di mana roda terlepas," kata Michael Hewson dari CMC Markets.

Papandreou mendesak lawan politik untuk mendukung anggaran krisisnya karena ia meluncurkan tawaran baru untuk meyakinkan masyarakat keuangan internasional ia bisa menangani sebuah defisit publik setara dengan 12,7 persen dari Produk Domestik Bruto.

Langkah Papandreou bertujuan untuk memotong total utang yang diperkirakan 294 miliar euro (412 miliar dolar) dan mengurangi defisit publik 8,7 persen dari PDB tahun ini.

Di bawah aturan Uni Eropa, defisit publik zona euro harus disimpan di bawah tiga persen dari PDB, Yunani menargetkan tujuan itu tercapai pada 2012.

Dalam beberapa hari ini, euro telah mantap dengan memuncaknya keprihatinan tentang kenaikan utang publik dalam anggota zona euro Yunani dan Portugal dan pekan lalu mencapai sebuah terendah enam bulan di bawah 1,39 dolar.

Dolar juga mendapat dorongan pada Rabu dari angka gaji sektor swasta yang menunjukkan jumlah terkecil kehilangan pekerjaan dalam dua tahun.

Survei ADP datang jelang data resmi pengangguran AS dan data pekerjaan Januari pada Jumat yang bisa memberikan petunjuk tentang apakah ekonomi, menunjukkan pertumbuhan kuat pada kuartal akhir 2009, dapat menopang pemulihan.

"Directionally, maka laporan ADP ini konsisten dengan perbaikan pasar pekerjaan dan proyeksi baik untuk laporan pekerjaan Jumat, "kata Neil McKinnon dari VTB Capital.

Di London pada Rabu, euro berpindah tangan pada 1,3915 dolar terhadap 1,3959 dolar akhir Selasa, pada 126,87 yen (126,17), 0,8737 pound (0,8739) dan 1,4732 franc Swiss (1,4728).

Dolar berdiri di 91,18 yen (90,39) dan 1,0588 franc Swiss (1,0549). Pound berada pada 1,5923 dolar (1,5968).

Di London Bullion Market, harga emas naik menjadi 1.115,25 dolar per ons dari 1.111 dolar per ons Selasa.(A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010