Buenos Aires (ANTARA News) - Mantan kapten tim Argentina Roberto Ayala pulang kampung ke Buenos Aires, Selasa, setelah 15 musim berlaga di Eropa, dan akan bergabung dengan Racing Club.

Pemain bertahan berusia 36 tahun itu, yang dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Argentina, akan berbicara di depan umum Rabu, setelah selama ini sebagai pemain bebas sejak meninggalkan Real Zaragoza, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Klub itu merupakan tempat idaman saya sebagai pemain bebas. Tim itu menawarkan masa depan sedangkan yang lain tidak menyuguhkan hal yang nyata," kata Ayala kepada wartawan.

Mantan klubnya, River Plate, serta Independiente juga tertarik dengan pemain bertahan itu, yang menolong Argentina maju ke perempat final Piala Dunia 1998 dan 2006.

"Saya di sini untuk menolong berkembangnya sejarah Racing," kata Ayala tentang klub yang termasuk "lima besar" di Argentina, namun tahun lalu berjuanguntuk keluar dari zona degradasi dan meraih gelar dalam 40 tahun pada 2001.

Masuknya ke klub itu berarti Ayala akan bergabung dengan pelatih Claudio Vivas, yang menjadi asisten Marcelo Bielsa ketika melatih tim nasional antara 1999 dan 2004.

Vivas merupakan salah seorang pelatih paling aktif dalam masa transfer musim panas Januari, dengan mengontrak striker Argentina Argentine Claudio Bieler dan Gabriel Hauche.

Timnya bermain bagus pada Clausura championship minggu lalu ketika mengalahkan Rosario Central 3-0 dan akan laga tandang ke Colon di Provinsi Santa Fe province Selasa malam. Ayala akan memulai debutnya di kandang sendiri ketika melawan Arsenal, Minggu.

Ayala, yang mengawali karirnya di Ferro Carril Oeste, bergabung dengan Napoli dari River Plate pada 1995 dan pindah ke AC Milan pada

1998. Ia meninggalkan Italia dan pindah ke Spanyol pada 2000, pertama bergabung dengan Valencia kemudian beralih ke Zaragoza pada 2007.

Ia menang dalam 115 pertandingan internasional (cap) di Argentina dan menjadi kapten tim nasional negaranya dalam 63 pertandingan.

Ia bermain dalam beberapa turnamen Copa America, termasuk dalam dua final 2004 dan 2007 yang dimenangi Brazil.

Ayala dalam tim Bielsa pada Piala Dunia 2002 tetapi mengalami cedera otot ketika melakukan pemanasan untuk melakukan laga pembuka melawan Nigeria di Jepang dan tidak turun lagi pada pertandingan lain sedangkan mereka gagal pada penyisihan grup.(A008/A024)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010