Jakarta, (ANTARA News) - Sebanyak empat aksi unjuk rasa akan digelar di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Selasa, sehingga para pengguna jalan diimbau untuk mengambil jalur alternatif agar menghindari kemacetan akibat demonstrasi tersebut.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Selasa pagi, aksi tersebut akan berlangsung di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara.

Aksi diagendakan berlangsung di depan kantor Kementerian Kehutanan (Kemhut) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, yang dimulai pada sekitar pukul 09.00 WIB.

Setelah dari Kemhut, para peserta aksi akan melanjutkan orasinya di depan kantor Kementerian Hukum dan HAM di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Kemudian mereka juga rencananya akan mengakhiri aksi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jalan Ancol Selatan, Jakarta Utara.

Unjuk rasa kedua akan dilakukan dari Bundaran Patung Kuda hingga Gedung Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat, pukul 09.30 WIB.

Demo ketiga dijadwalkan terjadi di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jaksel, pukul 11.00 WIB.

Terdapat juga rencana aksi di area Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pos 9 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Aksi di area JICT itu melanjutkan unjuk rasa yang telah beberapa kali dilakukan ratusan operator truk kontainer yang menuntut peningkatan kesejahteraan dan kejelasan status dari karyawan kontrak (outsourcing) menjadi pegawai tetap.

"Pegawai `outsourcing` menuntut kejelasan status yang tidak jelas," kata salah satu Koordinator Lapangan, Sukarno dalam aksinya di Jakarta, Senin (1/2).

Sukarno mengatakan padahal masa kerja pegawai kontrak di terminal itu sudah mencapai belasan tahun, namun pihak pengelola pelabuhan kontainer tidak meningkatkan kesejahteraan karyawan kontraknya.(M040/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010