Benguela, Angola (ANTARA News) - Nigeria mengalahkan Aljazair 1-0 sehingga berhak atas tempat ketiga turnamen Piala Afrika, yang berlangsung Sabtu malam waktu setempat.

Obinna Nsofor mencetak angka tunggal itu pada menit ke-55, setelah berhasil menerobos pertahanan Aljazair dan melesatkan bola melewati penjaga gawang Lamine Zemmamouche.

Itu merupakan kemenangan ketujuh tim "Super Eagles" itu di Piala Afrika setelah sebelumnya mengangkat piala itu sebagai tim tiga terbaik pada 1976, 78, `92, 2002, 2004 dan 2006.

Nigeria melakukan beberapa pergantian pemain dibanding ketika melawan Ghana dan kalah di semifinal dan pemain depan Portsmouth Nwankwo Kanu, Nsofor dan Seyi Olofinjana di antara para pemain yang mengawali penampilan pertama mereka dalam turnamen itu.

Aljazair kehilangan tiga pemain yang terkena hukuman ketika mereka kalah di semifinal atas Mesir.

Nigeria seharusnya sudah memimpin ketika pertandingan baru berlangsung 10 menit, namun tembakan keras Nsofor dari dalam kotak penalti ditepis pemain bertahan Aljazair Slimane Raho sehingga dilakukan tendangan pojok.

Kanu juga nyaris membuahkan gol untuk Aljazair pada menit ke-31 tetapi penjaga gawang Zemmamouche amat cepat melakukan tugasnya dengan baik.

Kesempatan emas Aljazair terjadi pada babak pertama, ketika pemain tengah Mourad Meghni melakukan tembakan, tetapi bola menerpa tiang gawang.

Beberapa menit sebelum turun minum, Nigeria nyaris mendapat gol ketika Kalu Uche melepas tendangan sedangkan Nsofor kehilangan arah saat akan mengamankan bola, tetapi Kanu --yang mendapat bola tidak dapat menemukan targetnya.

Pada menit ke-50, penjaga gawang Aljazair Zemmamouche gagal meraih bola tendangan bebas Taye Taiwo yang datang dengan cepat dari jarak dekat, tetapi si kulit bundar hanya menerpa mistar gawang.

Hassan Yebda menjadi pemain target pada menit ke-72 tetapi Victor Enyeama di dekat gawang Nigeria menjinakkan tendangan datar itu, sehingga Aljazair semakin bergerak kalut mendekati akhir pertamainan setelah gol yang diciptakan Nsofor, demikian AFP. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010