Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi melemah 10 poin mendekati angka Rp9.400 per dolar, karena pelaku masih melepas rupiah, meski aksi lepas masih belum besar.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah menjadi Rp9.385-Rp9.395 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.375-Rp9.385.

Analis sebuah perusahaan securities, Krisna Dwi Setiawan di Jakarta Rabu mengatakan, rupiah diperkirakan akan terus tertekan sehingga melewati angka Rp9.400 per dolar.

Namun Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan masuk pasar melakukan intervensi karena melihat rupiah terus tertekan mendekati Rp9.400 per dolar, katanya.

Rupiah, menurut Krisna apabila sampai menyentuh angka Rp9.400 per dolar, maka posisi akan terus terpuruk hingga mencapai Rp9.500 per dolar.

Pergerakan rupiah yang melemah mungkin saja bisa berada di atas level Rp9.400 per dolar, namun untuk menuju arah ke sana kemungkinan agak berat, ucapnya.

Pasar uang dalam beberapa hari ini terus melesu, karena pelaku aktif melepas rupiah dan membeli dolar untuk membayar utangnya.

Korporasi maupun individu menjelang akhir bulan ini membutuhkan dolar dalam jumlah besar untuk membayar utang yang sudah jatuh tempo.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010