Pontianak (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono, Senin malam di Pontianak, mendeklarasikan Kalimantan Barat sebagai provinsi pertama di Indonesia yang bebas flu burung dan menyatakan upaya ini dicapai melalui perjuangan sekitar enam tahun sejak pertama diketahui diserang flu burung Pebruari 2004.

"Dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat, pelaku bisnis dan pemerintah dalam menjaga status bebas flu burung tersebut," kata Suswono.

Ia meminta masyarakat, pebisnis dan pemerintah untuk tetap berkomitmen menjaga provinsi itu selamanya bebas dari flu burung.

Suswono menambahkan, hingga kini Komnas flu burung di Indonesia masih tetap bekerja dalam melakukan penelitian hingga Maret 2010.

"Karena ada beberapa provinsi di Indonesia kembai terjangkit atau ditemukan kasus flu burung sehingga masih memerlukan peran serta komisi tersebut," katanya seraya menyatakan pemerintah akan mengevaluasi kembali apakah Komnas flu burung masih diperlukan atau tidak.

Gubernur Kalbar Cornelis menyambut baik deklarasikan Menteri Pertanian itu dengan berkata, "Kalbar bebas flu burung tidak hanya karena telah dideklaraskan oleh Menteri Pertanian, tetapi karena didukung prilaku masyarakat yang kuat agar provinsinya bebas dari flu burung."

Data dari Pemerintah Provinsi Kalbar, provinsi itu mulai diserang flu burung pada Pebruari 2004 dan Mei 2004 kasus itu sebenarnya telah tidak ditemukan lagi, kemudian pada 2007 Pemprov Kalbar mengajukan agar dinyatakan bebas flu burung, dan Desember 2009 baru dinyatakan bebas dari ancaman flu burung oleh Menteri Pertanian.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010