ABU DHABI, 19 Januari (ANTARA/Medianet International-AsiaNet) -- Dalam sambutan kepada delegasi yang menghadiri World Future Energy Summit di Abu Dhabi, hari ini, CEO Global Carbon Capture and Storage (CCS) Institute Nick Otter mengumumkan bahwa lembaga itu telah menerima lebih dari 50 permohonan bagi Program Dukungan dan Pendanaan Proyeknya.

     Permohonan yang diterima tersebut bernilai lebih dari 500 juta dolar AS dalam bentuk bantuan yang diupayakan dari pendukung proyek CCS di seluruh dunia.

     Pemimpin gagasan untuk mempercepat perkembangan komersial di seluruh dunia bagi CCS mengatakan pada pertemuan para penanam modal, ahli, pengambil kebijakan dan pemimpin dunia dari lebih 100 negara bahwa reaksi kuat bagi Program Dukungan dan Pendanaan Proyeknya menunjukkan bahwa dukungan diperlukan bagi berbagai proyek CCS di seluruh dunia, dan itu diperlukan sekarang.

     "Proyek CCS hari ini menangani penghalang sesungguhnya yang dapat mencegah penggelaran komersial mereka. Pendekatan kami guna mengatasi penghalang ini melalui penyediaan keahlian dan dana memiliki potensi untuk secara mencolok memberi sumbangan bagi pembangunan luas CCS, dan dalam melaksanakan itu, juga menyediakan penyelesaian sesungguhnya bagi tantangan energi dan iklim hari ini," kata Nick Otter.

     Lebih dari 30 persen permohonan yang diterima oleh Global CCS Institute berasal dari berbagai proyek yang berpusat di Eropa, sementara lebih dari 20 persen pengusul proyek berada di Amerika Utara. Sisa permohonan tersebar di seluruh Asia, Australia dan Selandia Baru, Timur Tengah dan Amerika Utara.

     Para pemohon bagi program tersebut juga mewakili sangat banyak industri, termasuk pemasok energi, perusahaan minyak dan gas, perusahaan rekayasa, perusahaan teknologi, surveyor global dan industri berat lain.

     Pendanaan telah diupayakan bagi semua tahap rangkaian nilai CO2, termasuk permohohan bagi penyelesaian penangkapan yang inovatif, ciri khas tempat penyimpanan yang sesuai, dan pembangunan jaringan saluran pipa banyak pengguna.

     "Semua rintangan yang dihadapi berbagai proyek CCS di seluruh bidang industri, geografi dan teknologi, dan ini tercermin di dalam keragaman permohonan pendanaan yang telah kami terima. Dengan menyediakan dukungan bagi sangat banyak proyek prioritas di Global CCS Institute akan berusaha memastikan bahwa rintangan yang berbeda ditangani secara cepat," kata Nick Otter.

     Program Pendukung dan Pendanaan Proyek Global CCS Institute akan menyediakan rata-rata 50 juta dolar AS per tahun bagi dukungan langsung proyek CCS yang berskala luas di seluruh dunia, dengan membantu mereka bergerak melewati tahap kritis pengembangan proyek, ke arah pengoperasian. Program itu dipusatkan pada upaya menghilangkan rintangan yang dihadapi berbagai proyek khusus, serta membantu dengan mengirim kerangka kerja peraturan yang memungkinkan pengembangan lebih cepat, dan menghubungkan calon penanam modal dan mitra proyek.

     Meskipun Global CCS Institute akan menerima permohonan bagi Program Dukungan dan Pendanaan Proyeknya dengan landasan yang sedang berjalan, pemohon awal yang berhasil diperkirakan diumumkan pada Mei tahun ini.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
     Chandran Vigneswaran
     Komunikasi & Media
     Global CCS Institute
     P +61 (0) 2 6175 5331
     M +61 (0) 414 762 390
     E chandran.vigneswaran@globalccsinstitute.com

     Catatan buat editor:
     Mengenai Global CCS Institute:
     * Global CCS Institute adalah gagasan untuk mempercepat pengembangan komersial di seluruh dunia dengan skala CCS, agar CO2 dapat ditangkap, dikirim dan kemudian disuntikkan jauh ke dalam tanah untuk penyimpanan jangka panjang yang terjamin.
     * Global CCS Institute memiliki dukungan internasional yang tak pernah ada sebelumnya, dan lebih dari 30 pemerintah nasional dan lebih dari 130 perusahaan terkemuka, lembaga non-pemerintah dan organisasi penelitian membubuhi tandatangan sebagai Anggota atau Peserta Kerja Sama.
     * Global CCS Institute, yang diumumkan oleh Pemerintah Australia pada September 2008, secara resmi diluncurkan pada April 2009 dan menjadi lembaga hukum independen pada Juli 2009.
     * Pemerintah Australia, yang mengakui pentingnya sumbangan yang dapat diberikan oleh CCS guna menanggulangi tantangan keamanan energi kita, saat ini menyampaikan komitmen untuk menyediakan dana sebesar 100 juta dolar Australia guna menjamin keberhasilan organisasi tersebut.

     SUMBER: Global CCS Institute




Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010