Los Angeles, (ANTARA News) - Pembuatan film di lokasi di Los Angeles terjerembab sebanyak hampir 20 persen tahun lalu, kemerosotan tahunan paling tajam sejak catatan dimulai, demikian pernyataan kelompok yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan izin film di daerah tersebut, baru-baru ini.

Film LA mengungkapkan di dalam satu pernyataan bahwa Los Angeles County terus menyaksikan kepergian banyak produksi, yang telah disebabkan oleh resesi, pemotongan pajak yang menarik yang ditawarkan oleh wilayah lain dan turunnya percekcokan kontrak dengan aktor, sebagaimana dikutip dari AFP.

Kelompok itu menyatakan jumlah produksi yang diizinkan di Los Angeles dan daerah sekitarnya merosot jadi 37.979 pada 2009, turun dari 47.117 pada 2008.

Program kredit pajak perfilman yang baru disahkan di California membantu menghentikan penurunan saat produski meningkat pada semester kedua tahun itu, kata Film LA.

Produksi film feature terutama menghadapi pukulan keras, kata Film LA, turun jadi 4.976 produksi yang diizinkan dari 7.096 pada 2008, tingkat paling rendah sejak 1993 dan kurang separuh dari apa yang terjadi satu dasawarsa lalu, kata media setempat.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010