London (ANTARA News/AFP) - Euro turun tajam terhadap dolar pada Kamis waktu setempat, setelah kepala Bank Sentral Eropa (ECB) memperingatkan bahwa pemulihan zona euro menghadapi "ketidakpastian" dan karena kekhawatiran terus-menerus tentang keuangan bermasalah Yunani, kat apara dealer.

Mata uang tunggal Eropa pada akhir hari perdagangan berada pada 1,4487 dolar, turun dari 1,4509 dolar akhir Rabu di New York.

Sementara dolar diperdagangkan pada 91,04 yen terhadap 91,38 yen pada Rabu.

Presiden ECB Jean-Claude Trichet, berbicara setelah pembuat kebijakan bank setuju untuk mempertahankan patokan suku bunga zona euro pada 1,0 persen, mengatakan ekonomi zona euro akan tumbuh "pada kecepatan yang moderat pada 2010".

Tetapi ia memperingatkan bahwa pemulihan kemungkinan akan tidak merata dan "diselimuti ketidakpastian".

Di Yunani, yang membingungkan mitra zona euro oleh utang dan beban defisit publik, Trichet mengadopsi nada berat.

Sementara itu "masuk akal" untuk menunjukkan bahwa Yunani mungkin akan dipaksa untuk meninggalkan 16-anggota Uni Eropa, dia bersikeras bahwa Yunani -- bersama dengan utang-lain membebani anggota zona euro -- harus mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan keuangan publik.

Dalam sebuah pesan kepada semua negara-negara zona euro yang terpukul oleh kemerosotan global, kepala ECB berkata: "Mereka harus mengatasi situasi dalam mengambil langkah tepat, berani dan berani "untuk mendapatkan ketegangan keuangan publik di bawah kendali.

Yunani memasukkan bencana utang ke daftar masalah utama bank, tapi Irlandia, Italia, Portugal dan Spanyol memiliki masalah mereka sendiri dan analis mengatkan pasar ketakutan itu memicu sebuah ledakkan krisis penuh jika para pejabat tidak bertindak kredibel dan segera.

Trichet mengatakan tidak akan ada pengecualian untuk obligasi pemerintah Yunani dalam persyaratan agunan bank, untuk kembali ke kriteria pra-krisis pada akhir tahun ini.

Itu berarti bahwa obligasi Yunani tidak akan diterima sebagai agunan oleh bank pada peringkat saat ini.

"Tidak ada pemerintah, tidak ada negara yang dapat diharapkan dari perlakuan khusus kita," ia menekankan.

Meskipun bantuan langsung oleh bank atau anggota zona euro ke Yunani akan melanggar peraturan di mana mata uang tunggal didasarkan, banyak pengamat memperkirakansemacam bantuan Uni Eropa untuk Yunani pada akhirnya.

Akan tetapi, untuk kepala ECB , "masalahnya bukan untuk mendapatkan bantuan, masalahnya adalah untuk membantu diri sendiri."

Di London pada Kamis, euro berpindah tangan pada 1,4487 dolar terhadap 1,4509 dolar akhir Rabu, 131,90 yen (132,61), 0,8874 pound (0,8911) dan 1,4769 franc Swiss (1,4775).

Dolar berdiri di 91,04 yen (91,38) dan 1,0195 franc Swiss (1,0180). Pound berada pada 1,6325 dolar (1,6281).

Di London Bullion Market, harga emas naik menjadi 1.138,25 dolar per ons dari 1.127,25 dolar pada Rabu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010