Yogyakarta (ANTARA News) - Tim sepak bola wanita Puteri Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sedang menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi Timnas U-13 yang akan ikut kejuaraan sepak bola wanita Asia U-13 di Philipina 2010.

"Agenda tim Puteri Bantul tahun ini menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi gunamasuk Timnas U-13," kata Manajer Puteri Bantul Anggar Kaswati di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, saat ini timnya masih berlatih dua kali dalam seminggu, dan porsi latihan sebanyak itu dinilai mencukupi untuk menyiapkan pemain yang tangguh guna mengikuti seleksi Timnas U-13.

"Kami memang belum mengetahui secara pasti jadwal seleksi tersebut, namun kami memproleh informasi bahwa seleksi timnas U-13 akan berlangsung tahun ini. Persisnya bulan apa, kami belum tahu," katanya.

Ia mengatakan dirinya tidak memiliki kekhawatiran mengenai kekurangan pemain U-13 yang dimiliki timnya. Sebab, setiap saat pihaknya bisa merekrut calon pemain sepak bola wanita sejak usia dini di Kabupaten Bantul.

"Kami tidak khawatir kehabisan pemain sepak bola wanita di Bantul, karena daerah ini menyimpan potensi pemain berbakat dan berprestasi," katanya.

Menurut dia, mereka adalah para pelajar SMP di kabupaten ini yang semangatnya tinggi mengikuti latihan yang diselenggarakan tim Puteri Bantul.

Anggar mengatakan prestasi timnya di gelanggang sepak bola wanita tingkat provinsi maupun nasional bisa dibanggakan.

Di tingkat nasional, kata dia, tiga pemain Puteri Bantul ikut memperkuat Timnas U-16 pada kejuaraan sepak bola wanita Asia di Myanmar, Oktober 2009.

"Ketiga pemain Puteri Bantul yang dipanggil masuk Timnas U-16 yaitu Vera Lestari (kiper), Isnaeni Muktisari dan Madwa (penyerang)," katanya.

Ia mengatakan ketiga pemain Puteri Bantul tersebut terpilih memperkuat Timnas U-16 setelah PSSI melihat kemampuan mereka pada kejurnas sepak bola wanita U-16 di Jakarta, Agustus tahun lalu.

Ketiga pemain tersebut merupakan pemain andalan tim Puteri Bantul khususnya Vera yang terpilih menjadi kiper terbaik pada kejurnas di Jakarta, sehingga mereka layak memperkuat timnas pada kejuaraan sepak bola wanita Asia 2009.

"Kami bangga dengan prestasi tiga pemain Puteri Bantul itu dalam timnas U-16, dan diharapkan mereka memperoleh pengalaman banyak setelah memperkuat timnas," katanya.

Ia berharap pemain U-13 yang dimiliki timnya bisa meneruskan prestasi kakak-kakaknya saat memperkuat Timnas U-16 pada tahun lalu," katanya.

Anggar Kaswati mengatakan prestasi yang diukir di tingkat provinsi yakni tim Puteri Bantul menjuarai sepak bola wanita pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) DIY 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010