Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi menguat tajam mendekati angka Rp9.100 per dolar, karena dana asing yang masuk ke pasar domestik makin besar yang ditukar dengan rupiah untuk membeli saham.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi Rp9.135-Rp9.145 per dolar dibanding penutupan akhir pekan lalu Rp9.210-Rp9.220 per dolar.

Pengamat pasar uang, Farial Anwar di Jakarta, Senin mengatakan, pasar uang makin positif yang mendorong rupiah terus menguat hingga mendekati angka Rp9.100 per dolar, akibat besarnya dana asing yang masuk ke pasar.

Pelaku asing sangat antusias untuk bermain saham di pasar domestik, karena Pasar Modal Indonesia masih dapat memberikan keuntungan yang lebih baik, katanya.

Rupiah, menurut dia, kemungkinan masih akan dapat menguat pada sore nanti hingga makin mendekati angka Rp9.100 per dolar.

Namun kenaikan rupiah dinilai terlalu cepat, Bank Indonesia (BI) perlu menahan lajunya kenaikan tersebut, namun sejauhmana BI mampu mengatasinya, katanya.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010