Surabaya (ANTARA News) - Mantan Gubernur Jawa Timur Basofi Soedirman dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf memberikan dukungan moril kepada Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jatim, Dhimam Abror, yang hendak mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surabaya.

Dukungan moril diberikan dua tokoh penting di Jatim itu dengan mendatangi kantor PWI Cabang Jatim di Surabaya, Rabu (6/1) malam.

Bahkan, Basofi sempat melakukan diskusi yang cukup lama dengan Abror dan para pengurus PWI Cabang Jatim tentang perkembangan politik mutakhir dan persoalan-persoalan kebangsaan yang lain.

Pelantun lagu "Tidak Semua Laki-laki" itu juga menyinggung tentang masalah urbanisasi di Kota Surabaya yang sampai sekarang belum menemukan solusi.

Ia berharap, pemimpin Kota Surabaya ke depan harus bisa memahami persoalan sosial di kota metropolitan itu, seperti urbanisasi, banjir, dan kemacetan lalu lintas.

Setelah itu, saran Basofi, seorang pemimpin harus mampu memberikan solusi yang terbaik melalui program-program pembangunan.

Dalam kesempatan itu, Abror menyampaikan niatnya kepada Basofi untuk ikut bersaing dalam Pilkada Kota Surabaya.

"Saya perlu meminta doa dan restu sebagai anak ke Bapaknya. Karena Pak Basofi ini sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur, sedangkan saya ketua yayasannya," katanya.

Basofi pun secara spontan juga menyatakan dukungannya. Bahkan, dia bersedia membantu Abror untuk meraih tiket pencalonannya itu dari partai politik. "Saya pasti akan membantu semampu saya," katanya.

Setelah Basofi meninggalkan kantor PWI, giliran Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, berkunjung ke tempat berkumpulnya para wartawan di Jalan Taman Apsari, Surabaya itu.

Saiful pun menyatakan, dukungannya terhadap Abror untuk ikut meramaikan bursa calon Wali Kota Surabaya periode 2010-2015 itu.

"Kami mengapresiasi langkah yang ditempuh Pak Abror karena sampai sekarang langkah semua calon belum ada yang jelas," kata Ketua Umum GP Ansor itu.

Mengalirnya dukungan itu, membuat Abror merasa bersyukur. "Saya tentu saja sangat berterima kasih pada beliau-beliau atas perhatian dan dukungannya. Saya pun bersyukur pencalonan saya ini mendapat respons yang sangat positif dari Pak Basofi dan Gus Ipul (Saifullah Yusuf)," katanya.

Ketua PWI Jatim dua periode itu menambahkan, sejak dirinya mennyatakan maju dalam pencalonan wali kota, dukungan kepadanya tidak pernah berhenti.

"Banyak teman-teman, kolega, dan masyarakat Surabaya yang mengirimkan dukungan via SMS (pesan singkat), Facebook, ataupun langsung telepon ke saya," kata Abror.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010