Bandung (ANTARA News) - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar sayembara berhadiah ratusan juta rupiah untuk desain beberapa bangunan gedung bertingkat yang di kawasan kampus di jalan Ganeca Kota Bandung itu.

Perguruan tinggi ternama di kota Bandung itu menyediakan hadiah total senilai Rp240 juta untuk mengapresiasi pemenang sayembara rancangan dua paket gedung berlantai 10 yang akan dibangun kompleks ITB itu.

"Sayembara ini dibagi ke dalam dua paket dengan hadiah berbeda, pesertanya terbuka untuk semua insnyur teknik sipil dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia," kata Eko Purwono, Ketua Panitia Sayembara Desain Arsitektur Gedung ITB, Rabu.

Sayembara paket pertama yakni rancangan gedung berlantai delapan dan sepuluh yang akan dibangun di sebelah utara Kampus ITB yang berlokasi di Jalan Ganeca kota Badung itu dengan hadiah pertama senilai Rp100 juta, kedua Rp30 juta dan pemenang ketiga Rp20 juta.

Sedangkan sayembara untuk rancangan gedung Paket II yakni rancangan bangunan setinggi 10 lantai di sebelah selatan Kampus ITB yang menyediakan hadiah pemenang pertama senilai Rp60 juta, kedua 20 juta dan pemenang ketiga Rp10 juta.

"Penyerahan rancangan sayembara paket II maksimal sudah diterima panitia pada Januari 2010 sedangkan untuk sayembaran paket pertama maksimal Februari 2010," kata Eko.

Penilaian karya rancangan arsitektur untuk bangunan ITB itu akan dinilai oleh juri dari lembaga kompeten seperti dari Loise Cox, Presidium Arsitektur Internasional, Ikatan Arsitektur Indonesia serta sejumlah guru besar arsitektur dari ITB dan UI.

Rencananya, pembangunan dua bangunan bertingkat yang akan melengkapi Kampus Ganeca itu akan dibangun mulai 2011 dengan pembiayaan bantuan dari anggaran pemerintah dan Japan International Coorporation Fund (JICA) dengan total biaya pembangunan senilai Rp245 miliar.

Penilaian terhadap karya desain gedung tersebut antara lain memiliki konsep berkelanjutan, ramah lingkungan, memiliki struktur tahan gempa, selaras dengan kawasan ITB serta beberapa persyaratan lainnya.

Sementara itu Pimpinan dan Penanggung Jawab Proyek, Ade Syafrudin menyebutkan, proyek pembangunan dan perbaikan sarana di ITB itu luasnya sekitar 34.300 meter persegi.

Bangunan paket pertama yang akan dibangun di sayap selatan ITB itu dibangun di atas tanah seluas 13.560 meter persegi dan bangunan paket kedua di sebelah utara ITB dibangun di atas lahan 8000 meter persegi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010