Makassar (ANTARA News) - Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa didukung lebih 1.000 suara dari total jumlah 1.250 suara nasional, kata Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan pada silaturahmi dengan sekitar 400 Dewan Perwakilan Daerah dan Wilayah PAN dari Kawasan Timur Indonesia di Makassar, Rabu.

"Pak Hatta telah memperoleh dukungan sebanyak 90 persen dari tmur Indonesia. Di barat juga seperti itu karena Sumatera, Jawa, Bali, dan NTB sudah menyatakan dukungannya," ujarnya mewakili Hatta yang tidak hadir karena sakit tenggorokan.

Di Sulawesi Selatan sendiri dukungan mengalir dari 23 DPD dengan 49 suara, dan hanya tiga daerah yang belum menyatakan dukungan yaitu Kabupaten Bone, Luwu dan Bantaeng.

"Kami yakin ketiga daerah ini akan memberikan dukungan di saat-saat terakhir," kata Ketua tim pemenangan Hatta Rajasa di Sulsel, Edi Manaf.

Kantong-kantong suara dari daerah lain di timur yang juga telah mendukung adalah DPD Sulbar, Sulteng, Sulut, Gorontalo, Sultra, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua Barat, Papua terkecuali Maluku. Total jumlah suara dari timur Indonesia sebesar 434 suara.

Para pemegang hak suara ini dijadwalkan melakukan kongres di Batam, Kepulauan Riau, 7-10 Januari dengan agenda rapat kerja nasional, pemilihan ketua umum, dan pembahasan program kerja.

Perwakilan dari Sulsel akan berangkat menggunakan tiga pesawat malam ini juga, sementara pembukaan kongres nasional PAN akan dibuka langsung pendiri partai Amien Rais pukul 20.00 wib (7/1).

Menurutnya, dukungan terhadap Hatta diberikan berdasarkan rasionalitas, kepantasan, hati nurani, serta jejak karir yang jelas.

Sebelumnya, kandidat lainnya, Dradjat Hari Wibowo pada akhir Desember lalu mengaku didukung 56 suara dari DPD dan DPW se-Sulawesi.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010