Bandarlampung (ANTARA News) - Pesta kembang api serta letusan petasan mewarnai malam pergantian tahun 2009 ke 2010 di Kota Bandarlampung dan sekitarnya.

Berdasarkan pengamatan ANTARA News Biro Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Jumat, saat waktu menunjukkan pukul 24:00 WIB lontaran kembang api warna-warni memenuhi angkasa di pusat kota setempat.

Warga Bandarlampung yang merayakan malam pergantian tahun nampak suka cita dengan kemeriahan pesta kembang api yang dilepaskan oleh masyarakat setempat. Letusan kembang api tersebut sebagai tanda pergantian tahun dari 2009 ke 2010.

Kemeriahan pesta kembang api terlihat di beberapa tempat salah satunya di Tugu Adipura Bandarlampung. Ratusan warga nampak antusias ingin menyaksikan pesta kembang api tersebut.

Warga masyarakat sejak pukul 21:00 WIB telah berkumpul di sekitar kawasan Tugu Adipura untuk menyaksikan malam pergantian tahun tersebut. Konsentrasi warga di lokasi menyebabkan arus kendaraan baik roda dua dan roda empat tersendat sehingga menimbulkan kemacetan yang cukup panjang.

Puluhan polisi dikerahkan untuk memperlancar laju kendaraan dan melakukan pengamanan di jalan-jalan utama di daerah itu.

Polisi juga mengamankan kawasan sekitar bundaran Tugu Adipura Bandarlampung mengingat menumpuknya warga yang hendak merayakan malam Tahun Baru.

Pesta kembang api tidak hanya terpusat di tempat keramaian saja, tetapi juga di daerah pinggiran yang berada agak jauh dari pusat kota.

Warga di Kecamatan Kemiling yang berjarak sekitar 7 Km dari pusat kota misalnya juga melepaskan kembang api ke udara sebagai tanda pergantian tahun.

Iwan warga Kemiling mengatakan dirinya telah mempersiapkan kembang api sehari sebelumnya untuk menyambut malam pergantian tahun.

Letusan kembang api itu tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Mereka mengaku senang melihat kembang api warna-warni yang dilontarkan ke udara memenuhi angkasa.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010