Manado (ANTARA News) - Bentrokan nyaris terjadi ketika ratusan warga Kelurahan Paal Dua, Kecamatan Tikala, Manado, berdesakan untuk mendapatkan uang yang dibagikan oleh salah seorang calon Gubernur Sulawesi Utara, Voni Panambunan.

Dari pantauan ANTARA Kamis, ratusan warga yang berkumpul tepatnya di depan PT Air berdesak-desakan karena kehawatiran tidak mendapatkan uang yang dibagikan itu.

Berkumpulnya ratusan warga itu juga membuat arus lalulintas di sepanjang jalan Josudarso macat total lantaran kerumunan warga sudah tumpah ke jalan.

Ima, salah seorang warga yang ada di tempat tersebut saat diwawancarai mengatakan, kalau mereka sudah berada di lokasi sejak pagi hari setelah mengetahui akan datang seorang calon gubernur.

"Kami mendengar ibu Voni akan datang di tempat ini jadi kami bersama dengan puluhan teman-teman langsung datang, karena kami tahu setiap kunjungannya selalu dibagi uang kepada setiap warga" UIjarnya.

Tempat yang sama, Jamal, mengatakan, warga yang datang berkumpul kali ini bukan hanya berasal dari seputaran kelurahan Pall Dua melainkan dari beberapa daerah lainnya seperti Perkamil dan Kairagi, bahkan para sopir angkutan.

Sementara ratusan warga yang berkumpul, bukan hanya dari kalangan bapak-bapak melainkan juga terdiri dari ubu-ibu dan anak-anak yang rela berpanas-panasan hanya ingin mendapatkan uang Rp50 ribu.

Voni Panambunan yang juga mantan Bupati Minahasa selatan, saat diwawancarai mengatakan pembagian uang tersebut, bukan karena dirinya ingin mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur sulut 2010 melainkan kepedulianya kepada rakyat di akhir tahun ini.

"Pemberian uang tersebut saya berikan tidak ada kaitan sama sekali dengan pemilihan gubernur kalau memang dipilih bersyukur tetapi saya berikan untuk membantu rakyat kecil di akhir tahun ini" ujarnya.

Dirinya pun menegaskan, kalau semua dikembalikan kepada rakyat apabila dipercayakan menjadi gubernur maka harus siap dengan segala konsekuensi namun apa bila tidak berarti tuhan menakdirkan lain.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009