Ternate (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Kartika Air menghentikan sementara penerbangan dari Jakarta ke Ternate, Maluku Utara, padahal maskapai itu baru memulai melayani rute itu 26 Oktober 2009.

Belum diperoleh keterangan mengenai alasan Kartika Air menghentikan penerbangan ke Ternate, namun General Sales Agent Kartika Air di Ternate, Ilham Tjan mengatakan di Ternate, Rabu, penghentian itu karena semakin banyak perusahaan penerbangan yang membuka rute ke Ternate.

Kartika Air sebenarnya telah menghentikan penerbangan ke Ternate sejak November 2009, tapi saat itu alasannya untuk perawatan rutin pesawat dan menjadwalkan kembali terbang ke Ternate pada 18 Desember 2009.

"Tapi karena saat itu ada maskapai penerbangan lain yakni Sriwijaya Air yang mulai pula membuka rute penerbangan dari Jakarta ke Ternate maka Kartika Air memutuskan untuk menghentikan sementara penerbangannya ke Ternate," ujar Ilham.

Namun Kartika Air akan melihat perkembangan penumpang dari dan ke Ternate pada 2010, kalau mobilitas penumpang dari dan ke Ternate tetap tinggi maka Kartika Air akan kembali melakukan penerbangan ke Ternate.

Dengan terhentinya penerbangan Kartika Air ke Ternate maka saat ini tinggal tujuh maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari dan ke Ternate, yakni Merpati, Ekspres Air, Batavia Air, Lion Air, Wings Air, Trigana Air dan Sriwijaya Air.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009