Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dan Iran terus meningkatkan hubungan bilateral, salah satunya dengan menerbitkan perangko bersama yang sudah diluncurkan di Jakarta 18 Desember lalu.

Perangko bersama itu juga akan diluncurkan di Tehran, Iran, pada 23 Desember ini.

Dalam peluncuran itu Duta Besar RI di Tehran, Iwan Wiranataatmadja, menyampaikan bahwa perangko tidak saja berfungsi sebagai alat pembayaran untuk pengiriman pos tetapi sudah berkembang menjadi duta bangsa.

Dalam hal ini perangko dapat memberikan gambaran tentang budaya Indonesia kepada masyarakat Iran.

Sementara Mr. Mojtaba Nasiri, Deputy CEO Post Company of Iran, menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kerjasama dengan Indonesia.

Penerbitan perangko bersama merupakan awal yang baik. Dalam waktu dekat Iran akan membuka pasarnya untuk operator pos dari negara-negara lain, untuk itu Post Company of Iran merencanakan mengundang PT Pos Indonesia untuk bisa melakukan kerjasama komersial di Iran.

Sesuai kesepakatan untuk mengangkat tema semangat persaudaraan Islam, maka kedua pihak setuju menampilkan gambar masjid yang berada di kedua negara.

Indonesia menampilkan Mesjid Al Markaz di Makasar sedangkan Iran menampilkan Masjid Soltaniyeh yang terletak di kota Zanjan, sekitar 200 km barat daya Tehran.

Untuk menandai peresmian perangko bersama tersebut, Duta Besar RI membubuhkan stempel pos Iran pada perangko bersama.

Direncanakan sebanyak 1000 perangko yang dibuat oleh Indonesia dan Iran akan digunakan secara komersial di kedua negara. (Fungsi Sosbud KBRI Tehran).
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009