Singapura (ANTARA News/AFP) - Harga minyak memperpanjang rally-nya  di perdagangan Asia Kamis bertumpu pada penurunan yang lebih besar dari pada yang diperkirakan dalam cadangan energi Amerika Serikat, kata para analis.

Kontrak utama New York, untuk minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman Februari naik 46 sen menjadi 77,13 dolar per barel, sementara minyak mentah Brent North Sea juga untuk pengiriman Februari naik 12 sen ke posisi 75,57 dolar per barel.

Perayaan natal telah mendorong terutama dalam penurunan inventaris energi AS yang jauh lebih besar dari pada yang diperkirakan, kata analis.

Data yang diterbitkan oleh Departemen Energi Amerika Serikat (DoE) menunjukkan cadangan minyak mentah mengalami penurunan 4,9 juta barel menjadi 327,5 juta barel pekan lalu, dibanding prediksi para analis penurunan 1,6 juta barel.

Data untuk minyak sulingan, yang juga termasuk minyak pemanas, sebagai fokus karena mulai musim semi di Amerika Serikat dan Eropa.

Namun, para analis mengkhawatirkan bahwa meski menurun dalam cadangan energi AS, namun tingkat inventaris di mana masih tinggi di konsumen energi terbesar dunia itu.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009