Paris (ANTARA News/Reuters) - Juara bertahan Girondins Bordeaux mengakhiri tahun dengan kemenangan 2-1 di kandang Toulouse, Rabu, memasuki libur musim dingin dengan unggul sembilan poin di puncak klasemen Liga Utama Prancis.

Pertandingan tersebut ditentukan 15 menit menjelang pertandingan usai ketika pemain belakang Toulouse Cheikh M`Bengue diusir keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua.

Pemain tengah asal Brazil Wendel menyarangkan tendangan bebas dari tepi area penalti untuk memberi Bordeaux ketiga poin.

Pemain tengah asal Portugal Paulo Machado menempatkan Toulouse memimpin setelah pertandingan berlangsung empat menit tetapi Girondins membalasnya melalui penyerang Maroko Marouane Chamakh empat menit kemudian.

"Kami betul-betul menjalani tahun yang hebat," kata Chamakh kepada saluran televisi Prancis Orange Sport. "Yang harus kami lakukan sekarang adalah melanjutkan dengan semangat yang sama. Saya percaya kami bisa."

Lille memperpanjang laju mengesankan dalam Ligue 1 dengan kemenangan 4-0 atas Nancy untuk naik satu tingkat ke posisi kedua, Rabu.

Enam kemenangan beruntun Lille dalam liga, dengan masing-masing sedikitnya tercipta tiga gol, membuat mereka berhasil mengumpulkan 34 poin dari 19 pertandingan.

Pemain sayap Lille yang berasal dari Belgia Eden Hazard menerima umpan Gervinho dan memasuki area penalti untuk membuka skor menjelang turun minum. Gervinho, dengan dua gol, dan sesama penyerang Pierre-Alain Frau, melalui tendangan penalti, menggenapi kemenangan mereka pada babak kedua.

Olympique Marseille turun dua tingkat ke posisi keempat, terpaut sebelas poin dari pemimpin klasemen, setelah mengalami kekalahan kandang 0-2 dari Auxerre. Pemain depan Kenya Dennis Oliech mencetak gol pada kedua babak bagi tim tamu yang naik ke urutan kelima, bergabung dengan lawan mereka dengan 32 poin.

Harapan Olympique Lyon untuk merebut kembali gelar mereka yang jatuh ke tangan Bordeaux Mei lalu, mendapat pukulan dengan kekalahan kandang 1-2 dari Montpellier, yang naik ke posisi ketiga, sepuluh poin di bawah pemimpin klasemen.

Tujuh kali juara Lyon turun ke tempat keenam, 13 poin di bawah Bordeaux pada pertengahan turnamen.

Paris St Germain menyenangkan fans mereka dengan membabat 4-0 klub terbawah dalam Ligue 1 Grenoble di Parc des Princes yang membawa mereka naik ke urutan ketujuh, satu poin di bawah Lyon.

Grenoble, yang baru memenangi satu pertandingan dari 19 pertandingan sejauh ini, kurang sembilan poin dari zona aman.

Ligue 1 akan dimulai kembali pada 16 Januari. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009