New York (ANTARA News) - Saham-saham Wall Street, Senin waktu setempat, terangkat naik oleh optimisme perbaikan ekonomi di tengah harapan pasar pada sebuah reli "Sinterklas" jelang libur Natal minggu ini.

Seperti dilaporkan AFP, Dow Jones Industrial Average melonjak 85,25 poin (0,83 persen) menjadi 10.414,14 setelah seminggu bervariasi karena investor menyambut adanya tanda-tanda bahwa ekonomi Amerika dan global akan rebound (berbalik naik) dari resesi.

Indeks saham teknologi Nasdaq naik 25,97 poin (1,17 persen) menjadi 2.237,66 sementara indeks pasar lebih luas Standard & Poor`s 500 bertambah 11,58 poin (1,05 persen) menjadi 1.114,05.

"The bull (gairah) berada dalam suasana hati gembira," kata para analis Charles Schwab & Co dalam sebuah catatan untuk kliennya pada perdagangan singkat pekan ini jelang Natal pada Jumat.

"Kekhawatiran mengenai status utang pemerintah global dan meredanya kegelisahan mengenai kesehatan sektor keuangan Eropa membantu dukungan sentimen di Wall Street," kata para analis.

Investor melihat tanda-tanda meningkat bahwa perekonomian AS rebound tetapi ada kekhawatiran Federal Reserve akan memperketat kondisi kredit mudah yang ada sejak ekonomi terbesar dunia jatuh ke dalam resesi pada Desember 2007, analis mengatakan.

"Akan ada pembicaraan mengenai reli Santa Claus minggu ini," kata analis Briefing.com, Patrick O`Hare kata, tetapi memperingatkan bahwa setiap pasar yang selama periode ini tak bergairah juga bisa memicu penjualan.

Rally pasar saham terjadi di tengah dukungan pasar dari isu-isu perawatan kesehatan karena reformasi perawatan kesehatan utama yang diusulkan oleh Presiden Barack Obama melewati rintangan utama di Senat.

Senator masih harus menggelar beberapa putaran pemungutan suara dengan suara akhir dijadwalkan Kamis - Malam Natal.

Investor saham juga akan memonitor serangkaian data ekonomi yang akan dirilis awal Selasa yang bisa mencerminkan langkah pemulihan ekonomi.

Mereka termasuk revisi terakhir pertumbuhan ekonomi AS untuk kuartal ketiga, yang diperkirakan tidak berubah pada 2,8 persen.

Laporan yang akan dirilis juga penjualan rumah baru dan rumah yang telah ada, serta pendapatan dan pengeluaran pribadi.

Di antara saham naik adalah Chattem meningkat tajam 33,10 persen menjadi 93,14 dolar setelah kelompok farmasi Prancis Sanofi-Aventis menyatakan akan mengakuisisi perusahaan untuk 1,9 miliar dolar, menciptakan perusahaan konsumen dan perawatan kesehatan terbesar kelima dunia.

Produsen aluminium Alcoa naik 7,89 persen menjadi 15,73 dolar pada pengumuman pihaknya akan bergabung dengan perusahaan pertambangan Arab Saudi Ma`aden dalam pengembangan proyek aluminium terintegrasi senilai 10,8 miliar dolar di kerajaan tersebut.

Saham keuangan juga mencatat kenaikan dengan Bank of America naik 1,66 persen menjadi 15,28 dolar dan JPMorgan Chase naik 2,32 persen menjadi 41,90 dolar.

Asuransi menguat karena reformasi undang-undang kesehatan maju dalam Senat. Cigna naik 3,88 persen menjadi 37,19 dolar dan Aetna ditambahkan 4,71 persen menjadi 34,04 dolar.

Pasar obligasi jatuh. Hasil pada obligasi Treasury AS 10 tahun meningkat menjadi 3,682 persen dari 3,487 persen Jumat, dan pada obligasi Treasury 30 tahun naik menjadi 4,567 persen dari 4,416 persen. Harga dan yield obligasi bergerak dalam arah berlawanan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009