New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS berayun lebih tinggi Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), karena pasar bereaksi terhadap sejumlah laporan pendapatan yang menguntungkan mengimbangi kekhawatiran tentang langkah pemulihan ekonomi.

Dow Jones Industrial Average naik 20,63 poin (0,20 persen) menjadi berakhir pada 10.328,89.

Indeks komposit Nasdaq melompat 31,64 poin (1,45 persen) menjadi 2.211,69, didorong oleh laporan menguatnya laba dari perusahaan-perusahaan teknologi utama.

Indeks Standard & Poor`s 500 menambahkan 6,39 poin (0,58 persen) menjadi ditutup pada 1.102,47.

Aksi berombak (berubah-ubah) sebelum kemudian kenaikan mendorong pasar secara luas ke dalam wilayah positif.

"Minggu ini pasar telah melalui beberapa emosi beragam karena pedagang mencerna laporan bertentangan ketika mencoba untuk menentukan keberlanjutan pemulihan ekonomi," analis Charles Schwab & Co analis mengatakan dalam sebuah catatan kepada investor.

Volume perdagangan berat karena investor menyesuaikan portofolio mereka pada berakhirnya kuartalan dari opsi dan kontrak berjangka, kata para analis.

Tidak ada rilis ekonomi utama di kalender untuk mengarahkan pasar, yang menurunkan "giginya" (kecepatan -red.) untuk liburan akhir tahun.

"Pasar kekurangan sektor yang akan memberikan arah: ada kekhawatiran tentang konsumsi, ada kekhawatiran tentang keuangan, dan komoditas benar-benar sangat terkait dengan dolar," kata Gregori Volokhine dari Meeschaert New York.

Analis mengatakan teknologi Nasdaq "memainkan peran kepemimpinan hari ini berkat hasil laba RIM dan Oracle."

Saham Research in Motion meroket 10,31 persen menjadi 70,00 dolar. Pembuat smartphone Kanada itu melaporkan setelah pasar tutup Kamis, laba triwulannya naik 58,5 persen mengalahkan ekspektasi pasar dan BlackBerry mengikat kerjasama dengan mitra kedua China, China Telecom.

Raksasa bisnis erangkat lunak Oracle naik 6,38 persen pada 24,34 dolar setelah mengumumkan kenaikan laba 12 persen dan kenaikan dalam mengambil pangsa pasar global jauh dari saingan Jerman SAP.

Pembuat pakaian olahraga Nike melompat 1,85 persen menjadi 64,42 dolar setelah melaporkan laba lebih baik dari yang diperkirakan dan meningkatnya pesanan dalam beberapa bulan mendatang.

Namun, Palm jatuh 13,23 persen menjadi 10,17 dolar. Pembuat handheld ini membukukan kerugian per saham kuartalan lebih besar daripada perkirakan kebanyakan analis.

Ford berlari 3,09 persen lebih tinggi menjadi 9,68 dolar AS setelah General Motors mengumumkan akan menurunkan merek mobil Swedia Saab setelah perundingan di penjualannya gagal. Ford memiliki merek Swedia lain, Volvo.

Boeing, sebuah blue-chip Dow, tergelincir 1,89 persen menjadi 53,44 dolar setelah Ryanair maskapai pembawa bendera Irlandia menghentikan pembicaraan untuk membeli 200 pesawat 737-800s.

Tindakan dilakukan setelah penurunan Kamis, karena sektor keuangan terpukul keprihatinan tentang utang global setelah penurunan peringkat kredit jangka panjang Yunani yang kedua dalam sebulan, mengirim Dow jatuh 1,27 persen.

Sementara oligasi melemah. Hasil pada obligasi negara 10 tahun naik menjadi 3,546 persen dari 3,487 persen Kamis dan pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 4,458 persen dari 4,416 persen.

Hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009