Bengkulu (ANTARA News) - Calon gubernur Bengkulu janganlah suka mengumbar janji dan berbohong, karena hal itu akan melukai berbagai pihak, yang justru akan menjadi bumerang bagi yang bersangkutan.

Oleh sebab itu, ada empat kriteria yang harus dipenuhi oleh seorang calon gubernur, yaitu bertaqwa, cerdas, ekonomi yang mapan, dan populer, kata Ketua Umum Gerakan Pengawal Pembangunan (GPP) Bengkulu, H Hudari Hamid, di Bengkulu, Jumat.

Dia mengatakan, seseorang yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat dilihat dari sikap dan perilaku kesehariannya, berkata jujur tidak suka berbohong, amanah, tidak suka mengumbar janji, rendah hati, dan tidak sombong.

Kedua, calon gubernur Bengkulu 2010-2015 harus cerdas. Karena dengan kecerdasan, ia mampu berpikir jauh ke depan, serta dapat mengatasi semua persoalan yang dihadapi secara tepat dan bijak.

Kecerdasan ini akan tampak dari latar belakang pendidikan dan pengalamannya, prestasi yang dicapai, penghargaan yang diperoleh, serta pengakuan dari pihak lain.

Ketiga, memiliki kemampuan ekonomi yang cukup. Karena dengan kemampuan ekonomi yang cukup, paling tidak dapat menekan keinginan untuk melakukan penyelewengan, penyalahgunaan kekuasaan, terutama meyangkut masalah keuangan negara.

Keempat, tingkat popularitas yang cukup. Seorang pemimpin atau gubernur haruslah seorang yang cukup dikenal oleh masyarakat. Demikian juga sebaliknya gubernur haruslah seorang yang cukup mengenal masyarakatnya.

Gubernur Bengkulu saat ini, Agusrin M. Najamudin, akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun depan.

Untuk calon gubernur periode selanjutnya, nama Agusrin kembali disebut-sebut, di samping figur lainnya, seperti Sudirman Ail, Muslihan DS, Yahya Maya Sakti, dan Azwar Burhan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009