Kopenhagen (ANTARA News) - Diperkirakan 115 kepala negara dan kepala pemerintahan akan menghadiri konperensi tingkat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk perubahan iklim (UNFCCC) atau Konperensi Para Pihak (COP) ke-15 di Kopenhagen, Denmark, keta Perdana Menteri Denmark Lark Lokke Rasmussen.

"Diperkirakan 115 kepala negara dan kepala pemerintah telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam COP ke-15 pada pertemuan tingkat tinggi untuk membuat sebuah keputusan di Kopenhagen," kata Perdana Menteri Denmark dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Kopenhagen, Denmark, Rabu.

Lars mengatakan, kedatangan 115 kepala negara dan pemerintah tersebut merupakan sejarah bagi penanganan perubahan iklim yang menjadikan kemungkinan lebih kuat terciptanya sebuah kesepakatan global.

"Perundingan akhir akan menjadi menegangkan dan berat. Oleh karena itu saya meminta kepada Menteri Connie Hedegaard (Presiden COP ke-15) untuk melanjutkan negosiasi di keputusan Kopenhagan bersama dengan kolega-koleganya," kata Lars.

Perdana Menteri Denmark akan mengambil tempat sebagai Presiden COP/CMP mulai awal konferensi segmen tingkat tinggi berlangsung.

Perdana Menteri Denmark menunjuk Menteri Connie Hedegaard sebagai perwakilan khususnya, dan oleh karena itu Connie melanjutkan memimpin pertemuan konsultasi informal untuk membahas hasil keputusan Kopenhagen.

"Dengan begitu banyaknya kepala negara dan kepala pemerintahan yang datang untuk memberikan pernyataannya, maka akan sesuai bila Perdana Menteri Denmark akan memimpin persidangan," kata Connie.

Perundingan dan konsultasi akan diselenggarakan untuk semua level.

"Siapa yang akan percaya bahwa di Bali dua tahun yang lalu, para pemimpin negara bekerja, para menteri bekerja, para perunding bekerja untuk mencapai sebuah kesepakatan global. Maka mari kita selesaikan di sini," tambahnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009