Bengkulu (ANTARA News) - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu telah membagikan 2.828 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mengatasi krisis listrik di daerah itu.

"Tahun ini bantuan dari departemen sebanyak 2.828 unit sudah dibagikan ke sembilan kabupaten,"kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Winarkus, Jumat.

Rincian per kabupaten yakni sebanyak 308 unit untuk Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Muko-Muko 230 unit, Kabupaten Rejang Lebong 295 unit, Kabupaten Lebong 310 unit, Kabupaten Kepahiang 313 unit, Kabupaten Bengkulu Selatan 206 unit, Kabupaten Seluma 384 unit, Kabupaten Kaur 300 unit dan Bengkulu Tengah mendapatkan bantuan 173 unit.

Menurut dia, satu jam penyinaran terhadap solar cell bisa menyimpan daya sebesar 50 watt peach.

Walau dalam kondisi cuaca mendung masih mampu menyimpan tenaga surya, hanya saja energinya tidak sebesar pada saat cuaca cerah.

Sementara pada tahun 2010, Bengkulu mendapatkan 3.000 PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah itu.

"Tahun 2010 nanti Bengkulu juga mendapat 3.000 PLTS dari Departemen ESDM, tapi kami masih berusaha untuk menambah 500 unit lagi,"katanya di Bengkulu.

Ia mengatakan PLTS tersebut akan dibagikan untuk sembilan kabupaten/kota khususnya untuk daerah yang sulit terjangkau jaringan listrik.

Masing-masing kabupaten akan menyerahkan usulan penerima PLTS, dan akan dilakukan verivikasi oleh tim dari ESDM provinsi dan kabupaten.

"Sembilan kabupaten dapat, kecuali kota, tapi diutamakan bagi daerah yang terisolir dan sulit dijangkau," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009