Gorontalo (ANTARA News) Pemerintah Provinsi Gorontalo meminta agar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menjaga independensi, dalam menyelenggarakan pilkada 2010.

Asisten Pemberdayaan Masyarakat Pemprov Gorontalo, Abubakar Mopangga mengatakan independensi penyelenggara pemilu yakni KPU dan Panwas akan menjadi penentu kesuksesan Pilkada di setiap daerah.

"Panwaslu harus independen, tapi jangan terlalu kaku karena hal itu bisa menimbulkan gejolak dalam masyarakat," katanya dalam rapat evaluasi kinerja Panwaslu, Kamis.

Kericuhan yang terjadi pada sejumlah pilkada, kata dia, merupakan contoh buruk praktek penyelenggaraan yang tidak disertai dengan pembenahan di tubuh penyelenggara pemilu.

Menurut dia, pengawasan merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan keamanan dan kelancaran pilkada di Kabupaten Bone Bolango, Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo tahun depan.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Provinsi Gorontalo, Jassin Tuloli mengungkapkan pihaknya sejauh ini berupaya mempertahankan independensi.

"Anggota yang terbukti melakukan pelanggaran, langsung diberhentikan sesuai prosedur yang ada," katanya.

Menghadapi tiga pilkada yang akan berlangsung sekaligus Jassin mengaku telah siap menggelar perhelatan demokrasi tersebut, dengan merespon laporan masyarakat mengenai pelanggaran yang ada.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009