Washington, (ANTARA News) - Bank Dunia, Rabu, mengumumkan 5,5 miliar dolar akan diinvestasikan dalam proyek-proyek energi matahari di lima negara Timur Tengah dan Afrika Utara dalam upaya memerangi perubahan iklim.

"Clean Technology Fund" (CTF-Dana Teknologi Bersih) bank berbasis di Washington itu menyetujui pembiayaan 750 juta dolar pada 2 Desember untuk meningkatkan penggunaan tenaga surya terkonsentrasi, sebuah teknologi maju yang berkonsentrasi untuk memanfaatkan energi sinar matahari.

"Dana pembiayaan akan memobilisasi sebuah tambahan 4,85 miliar dolar dari sumber-sumber lain, untuk mempercepat penggelaran global Concentrated Solar Power (CSP)," kata pemberi pinjaman pembangunan dalam sebuah pernyataannya.

CTF akan berinvestasi dalam program CSP pada lima negara di Timur Tengah dan Afrika Utara: Aljazair, Mesir, Yordania, Maroko, dan Tunisia.

"Usulan skala gigawatt penyebaran sampai 11 skala komersial pembangkit listrik dalam kerangka waktu lebih dari tiga sampai lima tahun akan memberikan massa kritis investasi yang dibutuhkan untuk menarik signifikan minat sektor swasta, manfaat dari skala ekonomis untuk mengurangi biaya, hasil dalam pembelajaran di berbagai kondisi operasi, dan mengelola risiko," kata bank 186-negara itu.

CTF, sebuah dana perwalian multidonor untuk memfasilitasi penyebaran teknologi karbon rendah "pada skala," menyetujui rencana investasi yang akan menghasilkan "sekitar satu gigawatt" dari kapasitas umum CSP, sebesar tiga kali lipat dari kapasitas CSP di seluruh dunia, kata Bank Dunia, sebagaimana dikutip dari AFP.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009