Palembang (ANTARA News) - Sriwijaya FC (SFC) menang tipis 2-1 atas Persela Lamongan pada pertandingan Liga Super Indonesia 2009-2010 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu malam.

Dua gol SFC diciptakan Keith Kayamba Gumbs di menit 52 dan menit 90. Sedangkan, satu gol balasan Persela diciptakan Zainal Arif di menit 73.

Sejak menit-menit awal SFC telah gencar melakukan serangan.

Anoure Obiora telah mengejutkan barisan pertahanan Persela di menit pertama, melalui aksi individunya melewati tiga pemain belakang Persela, tapi pergerakan Obi ini masih dapat dihalau oleh Yanuar FX.

Menit ke-2, giliran gelandang serang SFC Arif Suyono yang memberikan ancaman ke gawang Persela, tapi bola masih dapat dihalau oleh kiper Persela Fauzal Mubarok.

Tak mau ketinggalan, Persela pun melancarkan serangan ke Laskar "Wong Kito" melalui aksi individu striker lokalnya, Kurniawan Dwi Julianto di menit ke-5. Tapi, bola masih dapat ditangkap Hendro Kartiko.

Pertahanan Persela yang rapat dan aksi-aksi serangan baliknya, menyulitkan SFC untuk menciptakan gol.

Beberapa peluang hanya terbuang percuma tanpa menjadi sebuah gol, seperti tendangan Oktavianus di menit 16 yang masih melenceng dari tiang gawang.

Kemudian, aksi individu Keith Kayamba Gumbs yang masih berhasil digagalkan oleh bek Persela Fabiano Beltrame di menit 31.

Hingga, peluang emas yang seharusnya menjadi gol di menit 41 oleh Anoure Obiora, yang masih melebar di atas mistar gawang.

Sriwijaya FC hanya mengemas skor imbang 0-0 atas Persela hingga turun minum, meskipun pada tambahan waktu satu menit mendapat hadiah tendangan bebas berkat kesalahan Gangga Mudana yang melakukan "hand ball".

Keith Kayamba yang melakukan eksekusi tendangan bebas, tak dapat memanfaatkan kesempatan karena bola masih melesat tipis di atas mistar gawang.

Memasuki babak kedua SFC menaikkan tempo permainan, tapi dapat diimbangi oleh Pesela.

Menit 47, tendangan 12 pas Zah Rahan hampir menjebol gawang Persela, tapi bola masih dapat ditepis Fauzal.

Akhirnya, usaha SFC berbuah hasil di menti 52 melalui Keith Kayamba Gumbs yang mendapat umpan matang dari Oktavianus. Meskipun, bola sempat ditepis oleh kiper, tapi Kayamba dengan sigap menendangnya kembali, kedudukan 1-0 untuk SFC.

Tak mau ketinggalan giliran striker Persela Varney Vas Boakay melakukan serangan balasan di menit 58, tapi bola masih melebar dari tiang gawang.

Petaka untuk tuan rumah terjadi menit 73 melalui striker Persela Zainal Arif yang sebelumnya berhasil melewati bek SFC Charis Yulianto.

Skor berubah imbang 1-1 untuk kedua tim.

Berhasil mengubah keadaan, tak membuat Persela mengendurkan irama permainan, malahan Varney Pas Boakay nyaris menambah keunggulan, tapi bola masih membentur tiang gawang.

Tak mau pertandingan berakhir imbang, skuad Laskar "Wong Kito" tetap bekerja keras hingga akhir babak, dan membuahkan hasil di menit 90.

Adalah Keith Kayamba Gumbs yang menjadi penyelamat, dengan melesakan tendangan keras dari sudut kiri gawang.

Kedudukan berubah 2-1 untuk Sriwijaya FC.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009