Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Thailand dan Malaysia membuka peluang mereka di penyisihan grup A SEA Games setelah mengalahkan lawan-lawannya di Laos, Selasa.

Thailand menang telak 9-0 lawan Timor Leste sedang Malaysia menang 4-0 lawan Kamboja, dikutip dari situs resmi aseanfootball.org.

Dengan hasil ini, Thailand dipuncak klasemen sementara grup A dengan tujuh poin disusul Vietnam (7), Malaysia (6), Kamboja (3) dan Timor Leste (0).

Kamboja dan Timor Leste dipastikan tersingkir. Peluang terbuka untuk Vietnam, Thailand dan Malaysia. Pertarungan penentu akan dilangsungkan

Jumat (11/12), yakni laga hidup mati Malaysia melawan Thailand dan laga lainnya Kamboja menghadapi Vietnam.

Tim juara bertahan Thailand tinggal membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak semifinal, sementara Malaysia mutlak menang.

Seandainya Thailand gagal mengalahkan Malaysia, tim juara bertahan ini pun masih berpeluang lolos ke babak semifinal. Namun, dengan catatan Vietnam secara mengejutkan dikalahkan oleh Kamboja. Perkiraan ini sulit terwujud mengingat solidnya kekuatan Vietnam.

Di babak semifinal juara dan runner-up grup A ini akan bertanding silang dengan dua peringkat atas grup B.

Dua semifinalis dari penyisihan grup B ini masih akan ditentukan dari hasil pertandingan Kamis (10/12) di Main Stadium, yakni antara Singapura dengan Laos, dan Indonesia melawan Myanmar.

Dari perolehan nilai keempat tim di penyisihan grup B, serta kalkulasi dari sistem head to head yang dipergunakan untuk menentukan lolos ke semifinal, maka Singapura dan Laos yang tampaknya lebih diperhitungkan. Klasemen grup B, Laos mengumpulkan empat poin, Singapura (4), Myanmar (1) dan Indonesia (1).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009