Washington, (ANTARA News)- Amerika Serikat tidak tahu di mana pemimpin jaringan Al Qaida, Osama bin Laden bersembunyi dan tidak memiliki laporan intelijen yang baik mengenai keberadaannya dalam beberapa tahun, kata Menteri Pertahanan Robert Gates, Sabtu.

Berbicara dalam satu wawancara yang disiarkan Minggu  dalam program "This Week" stasiun televisi ABC, Gates juga mengatakan ia tidak bisa mengkonfirmasikan berita-berita pekan ini bahwa seorang tahanan mungkin telah melihat Osama di Afghanistan awal tahun ini, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Kami tidak tahu di mana Osama bin Laden berada. Jika kami tahu, kami akan bergerak dan menangkap dia," kata Gates dalam kutipan-kutipan wawancara itu yang disiarkan ABC.

Ditanya kapan terakhir kali Amerika Serikat memiliki laporan intelijen yang baik mengenai keberadaan Osama, Gates mengatakan "Saya kira itu beberapa tahun lalu.

Stasiun televisi Inggris BBC awal pekan ini memberitakan seorang tahanan di Pakistan mengaku memiliki informasi bahwa Osama berada di Ghazni, Afghanistan timur Januari atau Februari.

Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS mengeluarkan sebuah laporan akhir bulan lalu yang menyalahkan tidak adanya usaha-usaha dilakukan oleh pemerintah mantan Presiden George W. Bush dan para komandan militer AS karena membiarkan Osama bin Laden melarikan diri dari daerah Tora Bora, Afghanistan akhir tahun 2001.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009