Moskwa (ANTARA News/PTI-OANA) - Sedikitnya 111 orang tewas dan 134 luka-luka, sebagian besar diantaranya cedera berat ketika sebuah ledakan yang disebabkan oleh kembang api menimbulkan kebakaran di satu rumah makan di kota Perm, Rusia, Sabtu dini hari.

Ledakan tersebut terjadi di restoran Lame Horse ketika lebih dari 250 orang, sebagian besar pegawai dan keluarganya, sedang mengadakan pesta ulang tahun kedelapan rumah makan itu, demikian kantor berita ITAR-TASS mengutip polisi setempat.

"Kecelakaan itu terjadi akibat pelanggaran terhadap instruksi untuk tidak menggunakan kembang api," kata Vladimir Markin, seorang pejabat setempat, sebagaimana dikutip kantor berita Ria Novosti.

Stasiun televisi Vesti melaporkan 111 orang tewas dan 134 lainnya cedera yang 85 orang diantaranya menderita luka-luka serius akibat luka bakar dan menghirup racun karbon monoksida.

"Sebagian besar korban tewas akibat luka-luka bakar atau menghirup gas," kata Markin.

Menurutnya, kebakaran itu membuat pengunjung panik karena berebut keluar dan bukan aksi teroris.

"Saya boleh katakan 100 persen ini bukan aksi teroris," kata Markin.

Menteri Keamanan Regional Igor Orlov mengatakan rumah makan itu memiliki langit-langit dari plastik yang mudah terbakar.

"Dalam acara itu ada kembang api dan satu mengenai langit-langit sehingga menimbulkan kebakaran. Orang-orang panik. Ada yang terbakar dan menghirup gas," ujar Orlov, seperti dikutip ITAR-TASS. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009