New York (ANTARA News) - Saham AS di Wall Street berakhir bervariasi karena investor mempertimbangkan hasil survei mengenai kehilangan pekerjaan lebih lemah dari perkiraan dan nada optimis dari laporan Beige Book Federal Reserve (Bank Sentral AS).

Dow Jones Industrial Average melayang turun 18,90 poin (0,18 persen) ditutup pada 10.452,68 dalam sebuah sesi berombak sehari setelah indeks blue-chip "rally" ke penutupan tertinggi 14-bulan.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq naik 9,22 poin (0,42 persen) menjadi 2.185,03 dan indeks Standard & Poor`s 500 hampir datar, naik 0,38 poin (0,03 persen) menjadi 1.109,24

Tindakan pasar muncul setelah sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan pembayaran gaji ADP menunjukkan hilangnya 169.000 pekerjaan sektor swasta pada November, sebuah angka yang menunjukkan pasar tenaga kerja lebih lemah daripada kebanyakan perkiraan.

Namun, Robert Brusca dari FAO Economics mengatakan laporan menunjukkan bahwa "keseimbangan pasar kerja sudah membaik."

Pasar juga mencerna Beige Book dari The Fed, yang mengatakan kondisi kemajuan ekonomi AS "moderat" di antara tanda-tanda perbaikan dalam pasar tenaga kerja yang bermasalah.

"The Beige Book adalah konsisten dengan pandangan kami bahwa pemulihan mendapatkan traksi," kata Peter Newland dari Barclays Capital.

Laporan "adalah yang paling bersemangat berbulan-bulan, tapi tidak menyarankan para pembuat kebijakan dapat menurunkan penjagaan mereka," catat Ryan Sweet di Moody`s Economy.com.

"Sementara beberapa anekdot Beige Book yang menunjukkan perbaikan, Fed akan menunggu lebih banyak bukti bahwa pengangguran telah mencapai puncaknya dan pemulihan terus-menerus sebelum menarik mundur stimulus moneter."

Fred Dickson dari DA Davidson & Co mengatakan para investor sedang menunggu laporan pemerintah yang lebih signifikan tentang pengangguran dan gaji pada Jumat.

"Kabar baiknya adalah jumlah kehilangan pekerjaan setiap bulannya mengalami penurunan mantap," katanya.

Dia mengatakan bahwa lambatnya penciptaan lapangan kerja "memberikan kesan mencoba sebuah kesabaran pemulihan ekonomi" yang dapat memberikan keuntungan moderat bagi pasar saham.

"Meskipun kami percaya harga saham akan membukukan keuntungan pada 2010, kita melihat potensi di bawah rata-rata untuk tahun pertama pemulihan ekonomi karena perkiraan kami di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi tahun depan," katanya.

Di antara saham utama, Google jatuh 0,40 persen menjadi 587,51 dolar setelah mengatakan Selasa, raksasa internet itu akan membiarkan penerbit menetapkan batas jumlah artikel yang dapat membaca gratis melalui mesin pencari.

Northrop Grumman bertambah 0,02 persen menjadi 55,27 dolar AS setelah kelompok pertahanan mengancam akan menarik proposal dengan mitra Eropa EADS untuk sebuah kontrak raksasa Pentagon untuk pesawat tanker. Itu akan membuat penawaran terbuka kepada Boeing, naik 0,11 persen pada 53,78 dolar.

McDonald`s turun 1,64 persen menjadi 62,50 dolar setelah mengumumkan bahwa Ralph Alvarez telah memutuskan untuk pensiun sebagai presiden dan chief operating officer dari perusahaan makanan cepat saji karena alasan kesehatan.

Obligasi jatuh. Hasil pada obligasi negara AS berjangka 10-tahun meningkat menjadi 3,323 persen dari 3,244 persen pada Selasa dan pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 4,241 persen dari 4,241 persen. Hasil dan harga obligasi bergerak berlawanan arah. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009