Jakarta (ANTARA) - Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi resmi menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) setelah tongkat kepemimpinan Pangkolinlamil diserahkan dari Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid.

Upacara militer serah terima jabatan (sertijab) dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Peralihan jabatan ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020.

Baca juga: Laksma TNI Abdul Rasyid resmi jabat Pangkolinlamil

Serah terima jabatan Pangkolinlamil ini juga bersamaan dengan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Aspotmar Kasal, Panglima Koarmada I dan Kadisdikal.

Rangkaian sertijab Pangkolinlamil sebelumnya telah dilaksanakan pembacaan Memorandum Pangkolinlamil pada hari Rabu (29/7) di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Pada waktu yang sama juga dilaksanakan pembacaan memorandum Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kolinlamil dari Nisa Abdul Rasyid kepada Nia Irwan Achmadi.

Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) merupakan Perwira tinggi Lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan 33 tahun 1988. Karier militernya dimulai sejak dilantik menjadi perwira TNI AL dengan pangkat letnan dua, berbagai penugasan telah diembannya, baik di kapal perang maupun sebagai staf.

Penugasan di KRI mulai jabatan perwira divisi, kepala divisi, perwira pelaksana KRI Teluk Sibolga 536 dan Teluk Sabang 544 hingga komandan satuan.

Komandan Pangkalan TNI AL Tarempa, Kasubdit Ditjiansta Ops Seskoal, Kasubdis di Diskomlekal, Komandan Satlinlamil Surabaya, dan Komandan Satuan Kapal Amfibi Komando Armada Timur.

Baca juga: Pangkolinlamil ingatkan lagi waspadai penyusupan teroris

Selain itu, jabatan sebagai dosen di Sesko TNI dan Asisten Perencanaan dan Anggaran Panglima Koarmabar.

Kepiawaiannya dalam bidang perencanaan operasi membuatnya menjabat Direktur Perencanaan dan Pengembangan Akademi Angkatan Laut.

Karena kemampuan intelektualnya pula, bintang satu di pundaknya jatuh dengan menjabat Direktur Doktrin Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Hanya setahun menjabat Direktur Doktrin Kodiklatal, TNI AL mempersiapkannya untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer.

Selama 2 tahun menduduki jabatan orang nomor dua di Kolinlamil, Kodiklatal kembali memanggilnya untuk mengemban jabatan sebagai Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) di Kodiklatal.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020