Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa, mencatat keuntungan untuk hari kedua berturut-turut dengan perusahaan-perusahaan pengolahan makanan dan pembuat minuman keras memimpin kenaikan. Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai naik 0,71 persen menjadi ditutup pada 3.227,96 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China berakhir 1,31 persen lebih tinggi pada 13.147,35 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut menyusut menjadi 898 miliar yuan (sekitar 128,5 miliar dolar AS) dari 927,2 miliar yuan (sekitar 132,5 miliar dolar AS) pada perdagangan hari sebelumnya.

Produsen-produsen makanan serta pembuat minuman keras, adalah di antara yang memperoleh keuntungan terbesar, dengan saham Kweichow Moutai Co, Ltd, merek minuman keras top China, melonjak 2,92 persen, membawa kapitalisasi pasar perusahaan menjadi hampir 2,1 triliun yuan.

Pembuat vaksin dan penambang emas menderita kerugian karena investor melakukan aksi ambil untung setelah kenaikan berhari-hari dipicu oleh permintaan induksi COVID-19 dan kenaikan harga emas.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, bertambah 1,32 persen menjadi ditutup pada 2.666,52 poin.

Baca juga: IHSG ditutup melemah seiring eskalasi konflik AS - China
Baca juga: Saham China dibuka melambung, lanjutkan tren kenaikan kemarin
Baca juga: Saham China "rebound" setelah anjlok, Indeks Shanghai naik 0,26 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020