Kupang (ANTARA News) - Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/11) diguncang gempa bumi yang cukup besar sebanyak tiga kali, sejak Jumat pagi hari hingga sore yang berpusat di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Petugas Badan Meterelogi Klimatologi dan Geologi (BMKG) kelas I Kupang, Joni, mengatakan, gempa bumi tersebut pertama kali terjadi pada pukul 06:36 wita di posisi 10.76 Lintang Selatan (LS) dan 118.97 Bujur Timur (BT) atau 188 km baratdaya Waingapu yang berkekuatan 5,2 pada skala Richter dan kedalaman gempa 20 km.

Selang beberapa waktu kemudian, gempa yang berkekuatan 5,3 SR kembali menguncang Waingapu dan gempa ketiga sesuai catatan BMKG kelas I Kupang dengan kekuatan 6,2 skala Richter pada posisi 10.84 LS dan 118.96 BT pada kedalaman 30 km atau 195 km barat daya Waingapu.

Gempa tersebut, katanya, tidak berpotensi terjadinya tsumani, meskipun getaran gempa cukup kuat hingga tiga MMI, namun hanya dirasakan sebagian kecil warga yang berada di Kota Waingapu.

Sementara itu, Frits, salah seorang warga Kota Kupang mengaku tidak merasakan merasakan adanya getaran gempa bumi dan tidak mengetahui kalau NTT telah diguncang gempa sebanyak tiga kali.

"Kami tidak tahu, kalau hari ini NTT sedang diguncang gempa, karena memang kami tidak merasakan adanya gempa tersebut," katanya.

Meski diguncang gempa sebanyak tiga kali, namun warga di kupang dan sekitarnya tetap menjalankan aktivitas seperti biasa dan tidak ada laporan adanya kerusakan pada bangunan dan korban jiwa. (*)

Pewarta:
Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2009