Solo (ANTARA News) - Kesebelasan Persis Solo berhasil memenuhi ambisinya dengan menundukkan Persikota Tangerang 2-0 dalam pertandingan perdananya pada Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Kamis.

Dua gol untuk tuan rumah Persis Solo dicetak pada babak pertama, yakni menit ke-12 oleh Ferry Anto Saputro dan menit ke-15 melalui tendangan keras Budi Ariyanto.

Pertandingan perdana antara Persis Solo melawan Persikota Tangerang yang disaksikan sekitar lima ribuan penonton pendukung tim tuan rumah di Stadion Manahan Solo itu berjalan seru dan kedua kesebelasan saling menyerang.

Sejak wasit Syarifudin dari Bandung membunyikan peluit tanda babak pertama dimulai tim tuan rumah langsung menyerang ke pertahanan tim lawan. Tim tuan rumah yang mendapat dukungan penonton terus bersemangat menyerang dengan mengandalkan dua strikernya Ferry Anto Saputro dan Yanuar.

Gol pertama Persis Solo berawal dari umpan panjang lini belakang kepada pemain depan Ferry Anto Saputro. Ferry yang memanfaatkan umpan langsung membawa bola dan berhasil melewati dua pemain belakang Persikota.

Ferry yang lolos dari pengawalan pemain belakang lawan langsung mengecoh penjaga gawang Persikota Amin Syarifuddin. Pemain nomor punggung 17 itu dengan sekali sontekan kaki kanannya bola langsung masuk ke sudut kanan gawang lawan dan 1-0 untuk Persis Solo.

Persis yang unggul 1-0 tidak menurunkan tempo permainannya, tetapi justru membuat tim tuan rumah semakin semangat untuk menundukkan Persikota.

Gol kedua untuk tuan rumah terjadi berawal dari umpan terobosan Ferry yang disambut pemain tengah Persis Budi Ariyanto dan bola sekali kontrol tembakan keras kaki kiri nomor punggung 18 ini melesat masyuk ke gawang lawan, kedudukan menjadi 2-0.

Namun, tim tamu Persikota pada babak pertama juga mempunyai peluang untuk menciptakan gol yakni pada menit ke-25 melalui tendangan bebas kaptennya I Nyoman Adnyana yang bolanya menyusur tanah dan beberapa centimeter meleset di sebelah kiri gawang Persis Solo.

Memasuki babak kedua tim tuan rumah dan tim tamu banyak yang memasukan pemain cadangan untuk menambah serangannya ke daerah lawan. Persis memasukan tiga pemain cadanganya yakni Lintang menggatikan kapten tim Heruyanto, Zaenal masuk menggantikan Budi Ariyanto dan Taufik menggantikan Ferry.

Sedangkan di kubu lawan Persikota Tangerang memasukan dua pemain cadangannya yakni Ibnu menggantikan dedi Junaidi dan Taryana pemain belakang masuk menggantikan Akbar.

Persikota yang ketinggalan dua gol dengan tuan rumah, merubah strategi untuk terus melakukan serangan. Tapi serangan tim tamu kelihatan tumpul dan tidak mampu menembus pertahanan Persis yang dijaga Hendro, Tommy dan Achdiat yang bermain lugas.

Tim tuan rumah justru melalui serangan balik hampir menambah gol di menit ke-55 melalui kaki Yanuar yang tinggal berhadapan dengan kiper Persikota, tetapi tendangannya melebar.

Selain itu, tim tamu yang tertinggal dua gol dari tuan rumah banyak melakukan pelanggaran yang sehingga wasit mengeluarkan empat kartu kuning semuanya untuk pemain Persikota Tangerang Akbar, I Nyoman Adnyana, Leonard Soputan, dan Dedi Junaidi.

Manajer Kesebelasan Persikota Tangerang Syaruddin mengatakan, pemainnya kelihatan tegang sehingga serangannya selalu gagal.

"Timnya banyak pemain muda dan masih banyak yang harus dibenahi," katanya.

Sementara itu pelatih Persis Solo Abdul Hafid Djamado mengatakan, timnya hanya bermodal semangat untuk memenangkan pertandingan perdananya.

"Anak-anak bermain bagus dengan mengandalkan serangan balik dan berhasil mencuri gol pada babak pertama.

"Kemenangan ini untuk masyarakat Solo sebagai modal pertama untuk memotivasi pertandingan selanjutnya," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009