London, (ANTARA News) - Bayern Munich, yang berada dalam posisi berbahaya, lolos lebih cepat dari kompetisi Liga Champions, sehingga membuka peluang mereka maju ke putaran 16 besar setelah mengalahkan Maccabi Haifa 1-0.

Sementara itu saingan mereka, Juventus, kalah atas Girondins Bordeaux, Rabu waktu setempat (Kamis dini hari WIB), sebagaimana dikutip dari Reuters. 

AC Milan kehilangan kesempatan untuk maju setelah ditahan imbang 1-1 oleh Olympique Marseille sedangkan Real Madrid maju selangkah setelah mengalahkan FC Zurich 1-0 dalam laga yang diikuti lagi oleh Cristiano Ronaldo, yang baru mengalami cedera.

Manchester United, yang sudah lolos ke putaran kedua, menyudahi rekor tidak terkalahkan dalam 23 laga di kandang sendiri, ketika kalah 0-1 atas tim Turki, Besiktas, di Old Trafford -- salah satu gol dari 12 gol yang terjadi pada pertandingan tidak berinspirasi malam itu.

Dengan belum adanya tambahan dalam tim yang sudah lolos -- Girondins Bordeaux, Olympique Lyon, Arsenal, Manchester United,

Chelsea, Porto, Fiorentina dan Sevilla -- maka delapan tim lagi akan berebut tempat pada pertandingan terakhir bulan depan.

Nasib Bayern berada di ujung tanduk ketika pertandingan dimulai, kaerna bila Juventus menang atas tim yang sudah lolos, Bordeaux, maka tim Italia itu akan lolos.

Saat menghadapi tim yang belum mendapat satu poin pun, Bayern melakukan tugas mereka dengan baik, ketika pemain dari Kroasia Ivica Olic menyarangkan bola pada menit ke-62, satu-satunya gol mereka dalam tiga laga kandang penyisihan grup.

Bordeaux menujukkan kiprah mereka yang bagus di hadapan pelatih van Gaal ketika pemain dari Brazil Fernando dan pemain dari Maroko Marouane Chamakh masing-masing mencetak gol pada babak kedua sehingga mereka menang 2-0 atas Juventus.

Bayern, yang mengantungi tujuh poin dari lima pertandingan, berada di urutan ketiga Grup A tetapi bedanya terpaut hanya satu dengan Juventus. Tim Bavaria itu harus mengalahkan Juventus pada laga terakhir mereka agar dapat lolos ke putaran selanjutnya.

"Saya menyaksikan perandingan amat bagus melawan tim yang sangat bagus," kata pelatih Bayern, Louis van Gaal, kepada wartawan.

"Seharusnya kami bisa mendapatkan lebih dari satu gol. Saya kira ini merupakan salah satu dari permainan terbaik kami. Saya kira sekarang peluangnya 50-50 dengan Juventus. Kami akan mendapatkan keberuntungan kami di Turin," katanya.

Pertandingan Grup C berlangsung dengan tidak dapat diramalkan ketika pemain depan Argentina Gonzalo Higuain melakukan gebrakan pada babak pertama melawan juara Swiss, membuat Real memuncaki klasemen sementara dengan 10 poin.

Mereka melakukan yang terbaik setelah sebelumnya kemasukan 12 angka pada empat laga yang sudah mereka jalani.

Real disoraki penonton walaupun masih ada yang menyanjung mereka ketika Ronaldo menggantikan Raul pada babak kedua. Pemain itu tampil lagi setelah dua setengah bulan istirahat karena cedera.

Tetapi pelatih Real Manuel Pellegrini tidak merasa terkesan.

"Saya mengamati mutu para pemain. Tapi saya tidak suka dengan tipe permainan mereka dan ini bukan merupakan gaya permainan tim kami," katanya.

Real naik dua angka di atas AC Milan, yang membutuhkan kemenangan lawan Marseiile agar dapat lolos. Mereka memimpin pada menit ke-10 lewat gol Marco Boriello tetapi Lucho Gonzalez menyamakan kedudukan enam menit kemudian.

Marseille terpaut satu angka di bawahnya dan harus menang melawan Real dengan empat gol pada pertandingan terakhir, agar dapat lolos ke putaran kedua.

Pertandingan terakhir Milan adalah bertandang ke Swiss, yang mengalahkan mereka 1-0 di San Siro pada laga awal penyisihan grup.

Peluang juara Jerman, VfL Wolfsburg, tertutup setelah kalah 1-2 atas CSKA Moscow, yang membuka harapan mereka pada laga Grup B. Kedua tim sama-sama memiliki tujuh poin.

Tim yang belum pernah menang, Besiktas, membuat kejutan besar ketika pemain Chile Rodrigo Tello melakukan gebrakan pada menit ke-20 sehingga Manchester United mengalami kekalahan pertama dalam laga kandang pada berbagai kompetisi, sejak kekalahan mereka pada 2005 atas AC Milan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009