Jakarta (ANTARA News) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengirimkan tiga personil ke lokasi karamnya kapal Dumai Express 10 di Perairan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau pada Minggu pagi.

"Kami mengirimkan tiga personil KNKT laut ke lokasi karamnya kapal Dumai Express 10," kata Juru Bicara KNKT, Barata kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Barata menjelaskan, tiga personil tersebut akan terbagi dalam dua kelompok keberangkatan.

"Dua dari tiga personil akan berangkat ke lokasi pada Minggu malam, sementara satu orang sisanya akan berangkat pada Senin (23/11) pagi," katanya.

Ia menjelaskan, tugas ketiga personil tersebut untuk menyelidiki penyebab kecelakaan. Ia juga mengatakan pihaknya belum dapat berkomentar lebih banyak karena harus menunggu laporan dari personil yang berangkat ke lokasi.

Sebelumnya, Kapal Dumai Express 10 berangkat dari Pelabuhan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau pukul 08:00 WIB menuju Bengkalis, dengan membawa sekitar 230 penumpang.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kapolsek Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Sekupang, kapal itu dihantam ombak sehingga ada bagian kapal yang bocor.

Proses pencarian dan evakuasi korban tenggelamnya kapal penumpang itu sempat terhambat karena buruknya cuaca di sekitar lokasi musibah.

Sementara itu, kepala Seksi Keselamatan Angkutan Laut Kantor Pelabuhan Karimun menyebutkan hingga pukul 16:30 waktu setempat tercatat sebelas penumpang meninggal dalam musibah itu.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009