New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham Wall Street memperpanjang "rally" pada Senin waktu setempat, mencapai tertinggi baru 2009 karena penjualan ritel AS yang kuat dan berita optimis ekonomi dari Asia membantu memperkuat sentimen bahwa pemulihan ekonomi di treknya.

Dow Jones Industrial Average melompat 136,49 poin (1,33 persen) menjadi 10.406,96 pada penutupan perdagangan, tertinggi baru dalam 13-bulan untuk blue chip.

Juga mencapai tertinggi baru tahunan, indeks komposoit saham teknologi Nasdaq yang maju 29,97 poin (1,38 persen) ke 2.197,85 dan indeks pasar lebih luas Standard & Poor`s 500 menambah 15,82 poin (1,45 persen) ke penutupan sementara 1.109,30.

Tindakan pasar terjadi setelah pemerintah AS mengatakan penjualan ritel melonjak 1,4 persen pada bulan Oktober, unggul jauh dari harapan, meskipun sebagian besar adalah dari kelompok volatile sektor otomotif.

Patrick O`Hare di Briefing.com mengatakan laporan keseluruhan bervariasi tapi masih menunjukkan pertumbuhan dalam segmen yang berkotribusi besar pada produk domestik bruto AS, atau kegiatan ekonomi.

"Ini akan membantu menjaga konsumsi pribadi di jalur positif sejauh PDB kuartal keempat," katanya.

Analis mengatakan sentimen pasar juga didorong oleh berita ekonomi positif dari Asia.

Pemimpin forom Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) yang bersama-sama mengarahkan lebih dari setengah ekonomi global, mengatakan setelah pertemuan puncak di akhir pekan di Singapura bahwa mereka akan mempertahankan pengeluaran stimulus besar dan kuat "sampai pemulihan ekonomi tahan lama jelas telah diambil."

Jepang Senin, mengumumkan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di lebih dari dua tahun selama kuartal lalu, meningkatkan harapan perekonomian global kembali pada pijakannya setelah resesi terburuk dalam beberapa dasawarsa.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009