Berlin (ANTARA News/AFP) - Satu konvoi helikopter yang membawa Menteri Pertahanan Jerman Karl-Theodor zu Guttenberg ditembaki dari darat sewaktu melakukan kunjungan mendadak ke pasukan di satu daerah Afghanistan, kata laporan beberapa media, Minggu.

Tidak satupun dari tiga helikopter dalam konvoi kena peluru dalam serangan yang terjadi Jumat pagi setelah menteri itu mengunjungi tentara Jerman di daerah Kunduz, Afghanistan utara, kata surat kabar Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung.

Dalam kunjungan dua harinya, pertama ke wilayah itu, zu Guttenberg berunding dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Menteri Luar Negeri Abdul Rahim Wardak.

Ia juga bertemu dengan Jendral Stanley McChrystal dari AS, komandan pasukan internasional yang memiliki 100.000 personil di Afghanistan.

Pada hari kedua kunjungan itu, Berlin mengumumkan pihaknya akan mengirim 120 tentara tambahan ke Afghanistan untuk membantu kontingennya yang berjumlah 4.300 personil yang sudah berada di negara itu.

Kompi infantri tambahan itu akan tiba pertengahan Januari di Kunduz, kata juru bicara kementerian pertahanan Steffen Moritz kepada wartawan.

Parlemen Jerman membatasi jumlah tentara Jerman yang bisa dikirim untuk misi itu 4.500 personil. Misi itu dikecam luas dalam dalam negeri.(*) 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009