Ciamis, (ANTARA News) - Angin puting beliung yang terjadi pada Rabu sore (11/11) merusak ratusan rumah warga di desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala desa Singangasih, Ahmar, di lokasi kejadian, Kamis mengatakan peristiwa angin puting beliung yang disertai hujan lebat membuat rumah warga rusak berantakan.

"Banyak rumah warga yang rusak, dari data yang telah kami catat mencapai 104 rumah," katanya.

Ia menjelaskan rincian dari kerusakan rumah warga yakni empat mengalami rusak berat dan roboh, dan 100 rumah mengalami rusak ringan dan sedang.

Kerusakan tersebut terjadi di tiga dusun yakni dusun Cimente mengalami kerusakan sebanyak delapan rumah warga, dusun Pangarengan 66 rumah dan dusun Gunung Damar 30 rumah.

"Mungkin masih ada lagi rumah warga yang rusak akibat puting beliung, dan kami sekarang masih melakukan pendataan," katanya.

Sementara itu, peristiwa tersebut kata Ahmar kali pertama terjadi di desa Sindangasih yang terjadi begitu cepat dan membuat panik penduduk yang melihat langsung kejadian tersebut.

Bahkan ketika terjadi puting beliung dan hujan lebat penduduk setempat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dari kondisi rumah yang hampir roboh.

"Saat kejadian itu warga keluar rumah, karena melihar kondisi rumah akan roboh," katanya.

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009